KOMUNIKASI SIMBOLIK KAUM LESBIAN FEMME DALAM MEMILIH PASANGAN (Studi Kasus Di Kota Binjai Sumatera Utara)

Elsi vania Sinulingga, Rakhmadsyah Putra Rangkuty, Amiruddin Ketaren, Alwi Alwi

Abstract


Penelitian ini berjudul :Komunikasi Simbolik Kaum Lesbian Femme Dalam Memilih Pasangan (Studi Kasus Di Kota Binjai Sumatera Utara). Penelitian ini berfokus pada individu lesbian bukan pada komunitas lesbian. Adapun masalah yang diangkat adalah bagaimana komunikasi simbolik kaum lesbian di Kota Binjai dan bagaimana identitas femme memilih pasangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi simbolik kaum lesbian di Kota Binjai dan untuk mengetahui identitas femme dalam memilih pasangan. metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini informan berjumlah empat orang dan ke empat orang tersebut menduduki peran masing-masing sebagai seorang lesbian. Dari hasil penelitian ini terdapat komunikasi simbolik yang di gunakan kaum lesbian melalui bahasa verbal maupun non verbal, bahasa ini disertai dengan simbol-simbol yang di gunakan kaum lesbian dalam berinteraksi kemudian proses pemilihan pasangan pada identitas Femme dimana hasil penelitian terdapat dua orang lesbian yang terdeteksi sebagai biseksual dengan skala yang berbeda-beda menurut Kontinum Kinsey dalam (Lehmiler, 2014).


Keywords


Lesbian, Interaksionisme simbolik, Proses Pemilihan Pasangan, Biseksual.

Full Text:

PDF

References


Skripsi:

Azmi Nurul. 2017. “Interaksi Simbolik Kaum Gay (Studi Fenomenologi Pada Kaum Gay di Kalangan Mahasiswa di Yogyakarta)”. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam (Skripsi Onlinediakses pada 2 januari 2021).

Budiarty Astry. 2011. “Gaya Hidup Lesbian (Studi Kasus Di Kota Makassar)”. Universitas Hasanuddin Makassar Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Jurusan Sosiologi. (Skripsi Online diakses pada 23 Desember 2020).

Clara Triesna Novia. 2017. “Interaksi Simbolik Di Komunitas LGBT ( Lesbian, Gay, biseksual, Transgender Suara Kita)”.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayattullah JakartaFakultas Dakwah Dan ilmu Komunikasi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. (Skripsi Online diakses pada 27 Desember 2020).

Mahathanaya Prabandari Sayu. 2016. “Proses Pemilihan Pasangan Pada Wanita Biseksual”. Universitas Udayana, Fakultas Psikologi, Jurusan Psikologi. (Skripsi Online diakses pada 29 Desember 2020).

Nasution Elida Nadia. 2011. “Perilaku Seksual Lesbianisme Pada Masa Remaja”. Universitas Medan Area, Fakultas Psikologi Jurusan Psikologi.(Skripsi Online diakses pada 28 Desember 2020).

Sari Permata Intan. 2013. “Simbol Interaksi Kaum Lesbian (Studi Deskriptif Mengenai Simbol – Simbol Interaksi Sebagai Wujud Identitas Diri Pada Kelompok Lesbi di Surabaya)”.Universitas Airlangga Surabaya Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Jurusan Sosiologi. (Skripsi Online diakses pada 5 januari 2021).

Jurnal:

Negara Puspa Kartika, 2014. “ Interaksi Simbolik Femme DalamKomunitas Lesbian di Kota Malang”. Vol. 2 Nomor 3.

Megananda Wiwid. 2019.“ Menjadi lesbian: Kajian interaksionisme simbolik lesbian di surabaya”. Vol 2, nomor 2.

Praptiningsih Andayani Novi. 2015.“Komunikasi Verbal dan Non Verbal Dalam Jalinan Ikatan Commited Relationship Pada Pasangan Gay” . Vol 16, nomor 1.

Pontororing Mulyadi. 2012. “Kaum Lesbian Di Kota Mnado”. Vol 9, nomor 3.

Somantri Rusliwa Gumilar. 2005. “ Memahami Metode Kualitatif”.Vol. 9, nomor 2.

Xiao Angeline. 2018. “Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat”. Vol 7, nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v8i1.5076

Article Metrics

 Abstract Views : 291 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats