Sosiologi Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Dana Zakat

Wisnu Rahdiansyah Nst

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang BAZNAS Provinsi Sumatera Utara dalam pemberdayaan ekonomi umat melalui dana Zakat, penelitian ini dilakukan di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme penyaluran dana Zakat produktif di BAZNAS Provinsi Sumatera Utara khususnya di masyarakat Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Kemudian memahami pola pemberdayaan yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Sumatera Utara serta memahami penyebab terjadinya penolakan dalam pemberdayaan di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Moleng yaitu  dengan  mereduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Teori  yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat menurut Parsons. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan mekanisme penyaluran dana Zakat produktif di BAZNAS Provinsi Sumatera Utara digolongkan menjadi empat bentuk yaitu sebagai berikut; Pertama konsumtif-tradisional, Kedua konsumtif-kreatif, Ketiga produktif-tradisional, Keempat produktif-kreatif. Kehadiran BAZNAS Provinsi Sumatera Utara ini sedikit demi sedikit mampu mengurangi masalah sosial dan kemiskinan yang semakin rumit, terutama mereka yang berada di kelas bawah menengah, sehingga menumbuh kembangkan masyarakat dengan berjiwa usaha yang gigih dan professional. Mustahik selaku pengusaha kecil lokal agar lebih bisa mandiri, berkembang, dan tidak terbelit oleh hutang atau pinjaman dari Bank keliling dan rentenir.

 


Keywords


Pemberdayaan, Ekonomi Umat, Dana Zakat

Full Text:

PDF

References


Amajida, Fania Darma. 2016, Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang OjekOnline “Go-Jek” di Jakarta. Departmen Sosiologi UniversitasIndonesia. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi Volume 46. Nomor 1. Juni 2016.

Artanto, Yudi & Utami, Yustina Retno Wahyu, Aplikasi Pemandu Transportasi Umum Kota Surakarta Berbasis Android. Jurnal ilmiah Sinus.

Abbas Salim,. Manajemen Transportasi (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2002).

Elly M. Setiadi dan Usman Kolip, Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Per-masalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)

Hafids, Wardah. 2001. Abang Becak, Sekejam-kejamnya Ibu Tiri Masih Lebih Kejam Ibu Ko-ta. Jakarta :Efatta

Indrayani, Damsar. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana

Loekman Soetrisno. Menuju Masyarakat Partisipatif (Yogyakarta; Penerbit Kanisi-us,1995)

Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Susantono, Bambang. 2009, Jangan Hanya Bisa Mengeluh Macet: 1001 Wajah Transportasi Kita + Tips Praktis Nyaman dan Aman di Jalan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 20013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Suyanto, Bagong. 20013. Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana

Suyanto, Bagong dan Sutinah (Ed). 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Abdyaskar Tasrum , 2010. Tukang Becak dalam rumah tangga Studi Kasus pada Komunitas Becak di Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Sosiolog. 9(2) : 15-17

Aminah, Siti. Transportasi Publik dan Aksebilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Airlangga. (2011)

Amajina, Fania darma, 2016 Kreatfitas Digital tentang ojek onine “Gojek”. Jakarta. Departe-men Sosiologi Universitas Indonesia.

Ibrahim Rahman, Hilmi Pertumbuhan Ekonom, Kesenjangan Sosial dan Kemiskinan Di Indo-nesia Ditinjau dari Ekonomi Politik Pembangunan. Jurnal Dosen Tetap Prodi HI, Fisip Universitas Nasional

Juliansyah, Eris. Strategi Pengembangan Sumber Daya perusahaan dalam Meningkatkan kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Sekolah Tinnggi ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi. Volume. 3 No 2, Agustus 2017

Sulhandi dengan judul,2013. Becak Banting Harga.Studi kasus wisata becak di kawasan maliobolo Yogyakarta. Jurnal Administrasi Publik. 11 (2) 21-24

Rima Kusumawati Widodo, 2011. Kesejahteraan sosial usia lanjut. Studi kasus tukang becak dikecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. So-siologi dan Antropologi.

Silvia Riski Mulia dan Nurhamlin. 2016. Pendapatan sosial ekonomi Tukang Becak Motor di-pangkalan kerinci kabupaten pelalawan. Ekonomi Islam.

Soyomukti, Nurani. Konsep Manusia Menurut Islam. Jurnal Bimbingan Penyeruhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Volume 4. No 2, November 2012




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v1i1.3802

Article Metrics

 Abstract Views : 440 times
 PDF Downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats