APLIKASI PID LEVEL CONTROL PADA THREE PHASE SEPARATOR (221-D9002) PT PERTAMINA EP CEPU DENGAN MENGGUNAKAN HYSYS INTERCAFE MATLAB

Muhammad Razin, Nasrul ZA, Muhammad Muhammad, Lukman Hakim, Rizka Mulyawan, Raudhatul Ulfa

Abstract


Penelitian Sistem kontrol Proportional, Integral dan Derivative (PID) merupakan kontroller untuk menentukan presisi suatu sistem instrumentasi dengan karakteristik adanya umpan balik pada sistem tersebut (Feed back). Separator adalah tabung yang mempunyai tekanan dimana berfungsi untuk memisahkan fluida dari sumur pengeboran menjadi cairan, cairan dan gas untuk alat three phase separator dengan prinsip kerja yang sama yaitu pemisahan berdasarkan perbedaan densitas. Adapun metodologi penelitian ini adalah membuat model steady state Three Phase Separator, kemudian mengubah model steady state menjadi model dynamic, lalu membuat model kontrol PID, setelah itu melakukan tuning terhadap kontrol PID dan melakukan pengujian terhadap kontrol PID, dengan melakukan gangguan pada set point. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan waktu respon tercepat terhadap gangguan pada level control serta mendapatkan variable Kc, Ti dan Td terbaik. Hasil dari pengaplikasian sistem kontrol PID maka didapatkan waktu tercepat yaitu 0.51 menit dengan nilai Kc= 18,5 Ti= 27,5 dan Td=0,1542 pada setpoint 36-38% Sedangkan waktu terlama pada hasil pengujian kontrol PID dengan mengubah level dari 40% menjadi 38%, yaitu 0,54 menit dengan nilai Kc= 18,5, nilai Ti=27,5 dan Td= 0,1542.


Keywords


Separator; PID; Steady State; Dynamic; Set Point

Full Text:

PDF

References


Arindya, R. (2017). Penalaan Kendali PID untuk Pengendali Proses. Jurnal Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 111.

Fontalvo, J. (2014). Using user models in Matlab® within the Aspen Plus®. INGENIERÍA E INVESTIGACIÓN, 39-43. https://doi.org/10.15446/ing.investig.v34n2.41621

Hidayatullah, A. R. (2012). Performance Enhancement Of Flue Gas Oxygen Control System In Fluidized Bed Boiler Using PID Tunning Based On Particle Swarm Optimization Algorithm (PSO). Surabaya: ITS Library.

Ir. Heriyanto, M. (2010). Pengendalian Proses. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Julie, L. (2013). Jump Start: Aspen HYSYS®Dynamic V8. Aspen Technology, 9.

Prasetyo, D. (2016). Analisa Kinerja Sistem Pengendalian PID pada Three Phase Separator. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v3i2.8801

Article Metrics

 Abstract Views : 109 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Razin, Nasrul ZA, Muhammad Muhammad, Lukman Hakim, Rizka Mulyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat