PEMURNIAN BIOGAS MENGGUNAKAN ABSORBER PACKED COLUMN DALAM MENYERAP IMPURITIES CO2 DAN H2S DENGAN SIMULASI ASPEN HYSYS V.10

Amanda Fitria Rahmadani Nasution, Mr Nasrul ZA, Mrs. Novi Sylvia, Mr. Ishak, Mr. Lukman Hakim

Abstract


Palm Oil Mill Effluent (POME) merupakan salah satu limbah minyak kelapa sawit yang harus diolah karena dapat berakibat buruk terhadap lingkungan. POME memiliki kandungan gas rumah kaca yang cukup tinggi, yang  berkontribusi  terhadap pemanasan global. Saat ini, salah satu jalur pengelolaan POME adalah dengan mengolah POME menjadi biogas. Penelitian ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan impurities biogas yaitu gas karbon  dioksida  (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S) sehingga dapat menghasilkan gas metana (CH4) dengan kemunian yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan mensimulasikan pemurniaan biogas menggunakan absorber packed column pada Aspen Hysys V.10 dengan menvariasikan debit air yg masuk pada absorber packed column serta komposisi awal pada biogas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemurnian biogas menggunakan air pada absorber packed column dapat meningkatkan kemurnian gas metana (CH4) pada biogas yang diikuti dengan meningkatkan debit air yang digunakan. Namun air yang digunakan sebagai pemurnian biogas juga dapat mengurangi kandungan gas karbon dioksida (CO2) dan gas hidrogen sulfida (H2S) dalam biogas karena kedua gas tersebut memiliki nilai kelarutan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gas metana (CH4). Dimana kelarutan karbondioksida (CO2) dalam air 1,45 g/L dan kelarutan hidrogen sulfida (H2S) dalam air 4 g/L lebih tinggi ketimbang kelarutan metana (CH4) dalam air yaitu 0,035 g/L. Nilai HHV (High Heating Value) biogas meningkat dengan meningkatnya kemurnian dari gas metana pada biogas karena di dalam biogas, gas yang terkandung paling banyak adalah gas metana. Bertambahnya komposisi dari gas metana pada biogas diikuti dengan meningkatnya debit air yang digunakan pada absorber packed column. Sehingga, nilai HHV (High Heating Value) biogas dapat meningkat yang diikuti dengan meningkatnya kemurnian dari gas metana pada biogas.



Keywords


Absorber Packed Column; Karbon Dioksida; Pemurnian Biogas;

Full Text:

PDF

References


Chunseng Zhang, Haijia Su,Jan Baeyens, Tianwei Tan, (2014). “Reviewing the Anaerobic Digestion of Food Waste for Biogas Production”, Jurnal Renewable and Sustainable Energy Reviews, 338 : hal. 383-392.

Choong, Y. Y., Chou K. W., dan Norli, I. (2018). Strategies for Improving Biogas Production of Pal Oil Mill Effluent (POME) Anaerobic Digestion : A Critical Review. Renewable and Sustainable Energy Reviews, vol. 82 : 2993–3006.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI. (2021). Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2019-2021. Jakarta, Qld.: Kementerian Pertanian.

Munirah, M. Z., dan Abdul, R. M. (2018). An Overview on Conversation Technologies to Produce Value Added Products from CH4 and CO2 as Major Biogas Constitutuents. Renewable and Sustainable Energy Reviews, vol. 98 : 56 – 63

Nurdin, Ali., Finalis, Era. R., Arfiana., Fausiah., & Tjahjono, Endro W. (2019). Desain Sistem Proses Pemurnian Biogas Berbasis  Palm Oil Mill Effluent (POME). Majalah Ilmiah Pengkajian Industri, 13(2), 103-110.

Olugasa.Temilola T, I.F.Odesola, M.O.Oyewola. (2014). Energy Production From Biogas:A Conceptual Review For Use In Nigeria. Renewable And Sustainable Energy Reviews, 32, 770 – 776.

Raksajati, A., Adhi T.P., & Ariono, D. (2020). Pengaruh Tekanan Dan Tahap Kompresi Dalam Pemurnian Biogas Menjadi Biometana Dengan Absorpsi CO2 Menggunakan Air Bertekanan. Indo. J. Chem. Res., 8(1), 1-5, DOI: 10.30598//ijcr.2020.8-ang.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i1.7075

Article Metrics

 Abstract Views : 437 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amanda Fitria Rahmadani Nasution, Mr Nasrul ZA, Mrs. Novi Sylvia, Mr. Ishak, Mr. Lukman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat