Pembuatan Tepung dari Biji Mangga

Novita Dewi, Syamsul Bahri, Jalaluddin Jalaluddin, Masrulita Masrulita, Sulhatun Sulhatun

Abstract


Persentase biji mangga mencapai 17-39% dari total bobot satu buah mangga (Mangifera indica L.,), kandungan pati pada biji mangga memungkinkan pemanfaatan limbah biji mangga menjadi tepung. Namun dalam pengolahan terjadi reaksi pencoklatan.Perendaman biji dalam larutan natrium metabisulfit (Na2S2 O5) dapat dilakukan untuk mencegah reaksi pencoklatan tersebut.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lama perendaman biji mangga dalam larutan Na2S2 O5 terhadap mutu tepung biji mangga yang dihasilkan. Perlakuan yang di berikan adalah lama perendaman dalam larutan natrium metabisulfit Na2S2 O5 dengan konsentrasi 3.000 ppm atau 3 gram yang terdiri dari lima taraf, yaitu: N1: 0 menit, N2: 15 menit, N3: 30 menit, N4: 45 menit, dan N:5 60 menit. Analisa mutu tepung yang dihasilkan pada setiap perlakuan meliputi analisis rendemen, kadar air, kesukaan terhadap aroma dan kesukaan terhadap warna.


Keywords


Kata Kunci: Mangga, Natrium metabisulfit, Waktu perendaman.

Full Text:

PDF

References


Agriment, J., Pertanian, J. M., & Negeri, P. P. (2017). A . Rendemen.Studi pengolahan tepung biji mangga menggunakan metode perebusan dan suhu pengeringan yang berbeda 14(01).

Pangestika, D., Sariputri, W., Claudya, T., & Kusumawardani, R. (2019). Pemanfaatan limbah buah menjadi tepung alternatif abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi tepung biji mangga , nangka dan biji mangga , serta uji organoleptik kue kering dari ketiga tepung tersebut . Pembuatan tepung biji buah . 2, 31–35.

Paramita, O. (2015). Jurnal Bahan Alam Terbarukan. Jurnal Bahan Alam Terbarukan, 4(1), 14–20.

Setu, J. R. (2018). Pemanfaatan Biji Mangga ( Mangifera indica L. ) Sebagai bahan baku pembuatan tepung.

Suhu, P., Perendaman, A., Tepung, M., Mengkudu, B., Asriani, ), Herawati, N., Husain, H., Kimia, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2018). The Effect of Water Soaking Temperature on Noni Powder Quality (Morinda citrifolia Linn.). 27–35.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i4.6098

Article Metrics

 Abstract Views : 1385 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novita Dewi, Syamsul Bahri, Jalaluddin Jalaluddin, Masrulita Masrulita Masrulita, Sulhatun Sulhatun Sulhatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat