EKSTRAKSI BIJI OROK-OROK (CROTALARIA JUNCEA) SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BIODIESEL MENGGUNAKAN PELARUT N-HEKSAN

Mahyuni Marito Harahap, Azhari Azhari, Meriatna Meriatna, Suryati Suryati, Syamsul Bahri

Abstract


Abstrak

Tanaman orok-orok (crotalaria juncea) adalah tanaman leguminosa yang termasuk kedalam keluarga perdu dan semak. Biji orok-orok dapat digunakan sebagai obat insomnia dan sebagai bahan baku pembuatan biodiesel karena mengandung 12,6 % minyak dengan 46,8 % asam linoleate. 4,6 % asam linolenat, 28,3 % asam oleat dan 20,3 % asam jenuh. Untuk mendapatkan minyak dari biji orok-orok yang akan digunakan sebagai bahan baku biodiesel dapat dilakukan dengan metode ekstraksi padat-cair menggunakan pelarut N-Heksan. Pada penelitian ini bahan baku yang digunakan adalah biji orok-orok dan N-Heksan. Biji orok-orok dihaluskan menggunakan blender, kemudian dimasukkan dalam labu leher tiga untuk proses ekstraksi menggunakan pelarut N-Heksan. Ekstraksi dilakukan dengan memvariasikan suhu ekstraksi dan volume pelarut dengan waktu ekstraksi 5 jam dan bahan baku sebanyak 100 gr. Setelah selesai ekstraksi larutan disaring menggunakan kertas saring. Selanjutnya dilakukan pemisahan antara minyak dan pelarut dengan proses destilasi. Pengujian yang dilakukan adalah uji densitas, yield, kadar FFA, viscositas, densitas dan uji komposisi dengan alat GC-MS. Densitas terendah dihasilkan pada suhu 500C, berat sampel 100 gr, waktu ekstraksi 5 jam dan volume pelarut sebanyak 400 ml sebesar 1 g/ml. Yield tertinggi dihasilkan pada suhu 600C, berat sampel 100 gr, volume pelarut 700 ml dan waktu ekstraksi 5 jam sebesar 35,52 %. Kadar FFA terendah dihasilkan pada suhu 500C, berat sampel 100 gr, volume pelarut 500 ml dan waktu 5 jam sebesar 1,39 %. Viscositas hasil terbaik yang didapatkan adalah pada volume 700 ml dengan waktu ekstraksi 5 jam menggunakan pelarut N-Heksan pada suhu 600c sebesar 1 cp. Dari hasil uji GC-MS diketahui bahwa minyak biji orok-orok mengandung methyl ester of undecanoic acid, 2-methylpentanoic acid, myristic acid methyl ester, methyl linolelaidate, 2-cyclopentylacetohydrazide dan 2-methylpentanoic acid.

 


Keywords


Biji Orok-Orok, n-Heksan, Ekstraksi, viscositas, yield, kadar FFA, GC-MS

Full Text:

PDF

References


Hadrah., Kasman, M., Sari, F.M., 2018. “Analisis Minyak Jelantah sebagai Bahan Bakar Biodiesel dengan Proses Transesterifikasi”. Universitas Batanghari: Jambi.

Jayanuddin, dkk, 2014 ”Pengaruh Suhu Dan Rasio Pelarut Ekstraksi Terhadap Rendemen Dan Viskositas Natrium Alginat Dari Rumput Laut Cokelat (Sargassum sp)”. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Ketaren, S. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Cetakan Pertama. Jakarta : UI-Press. Mangoensoekarjo, S. 2003.

Martini Rahayu , 2005.Teknologi Proses Produksi Biodiesel ”www.Geocities.com/markal_bppt/public

Moeksin, Rosdiana.dkk “ Pengaruh Ukuran Partikel dan Jenis Pelarut Serta Waktu Ekstraksi Terhadap Yield Minyak Piper Retrofractum Vahl”. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya, Indralaya.

Plantamor. 2008. “Plantamor Situs Dunia Tumbuhan, Informasi Spesies-Pala”

Ramadhan, A.E. dan Phaza, H.A., 2010, Pengaruh Konsentrasi Etanol, Suhu dan Jumlah Stage pada Ekstraksi Oleoresin Jahe (Zingiber officinale Rosc.) Secara Batch, Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Tiara, Muhammad, Masrulita. 2019. Pemanfaatan Biji Orok-Orok (Crotalaria juncea) sebagai BahanBaku Pembuatan Minyak Nabati dengan Metode Ekstraksi Padat-cair. Jurnal Teknik Kimia Universitas Malikussaleh 2019. 8:2




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v1i3.5635

Article Metrics

 Abstract Views : 54 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mahyuni Marito Harahap, Azhari Azhari, Meriatna Meriatna, Suryati Suryati, Syamsul Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter