Pengambilan Zat Betasianin Dari Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus) sebagai pewarna makanan alami dengan metode esktraksi

Cut Sisin Mehita, Ishak Ishak, Syamsul Bahri, Masrullita Masrullita, Rizka Nurlaila

Abstract


Betasianin adalah pigmen berwarna merah-violet dan kuning-orange yang banyak terkandung pada buah, bunga, dan jaringan vegetatif. Betalain adalah pigmen kelompok alkaloid yang larut air, pigmen bernitrogen , dan merupakan pengganti  anthocyanin  pada setiap  bagian  besar  family  tanaman  ordo  Caryophyllales, termasuk Amaranthaceae, dan bersifat mutual eksklusif dengan pigmen antosianin. Waktu ekstraksi dan suhu ekstraksi sangat mempengaruhi pH, kadar air, intensitas warna dan masa penyimpanan zat warna. Semakin tinggi waktu ekstrak dan semakin rendah suhu nya maka semakin tinggi intensitas warna yang dihasilkan. Suhu ekstraksi lebih dari 50ᵒC menyebabkan penurunan intensitas warna, hal ini disebabkan karena zat betasianin tidak mampu bertahan atau rusak pada suhu tinggi. Kualitas zat warna betasianinnya tidak pengaruh dengan meningkatnya kadar air yang dihasilkan oleh suhu yang rendah. Akan tetapi masa ketahanan zat pewarnanya saja yang tidak bisa bertahan dalam jangka yang panjang. Didapatkan intensitas warna terbaik pada suhu 40ᵒC dalam waktu perebusan selama 3 jam. Dengan pH 5,1, nilai absorbansi 1,725, kadar air 30,9, dan masa penyimpanan sampai 5 hari.


Keywords


Betasianin, Kulit Buah Naga, Ekstraksi, Suhu, Waktu

Full Text:

PDF

References


Cahyono. (2009). Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Kulit Buah Naga Merah Super ( Hyclocereus costaricencis ). 05(01), 14–21.

Citramuk. (2008). BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang. 1–7.

Faridah, A., Holinesti, R., Syukri, D., Teknik, F., Negeri, U., Teknik, F., & Universitas, P. (2015). Identifikasi Pigmen Betasianin Dari Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus). Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 7(18), 147–154.

Heckman, J. J., Pinto, R., & Savelyev, P. A. (1967). Klasifikasi Buah Naga Buah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9–27.

Mukhtarini. (2011). “Ekstraksi, pemisahan senyawa, dan identifikasi senyawa aktif.” Jurnal of Pharmacy, V, 361.

Nugraheni, M. (2014). Pewarna Alami Sumber Aplikasinya Pada Makanan dan Kesehatan.

Yelfira sari. (2018). Pengaruh Pemanasan Terhadap Kestabilan Pigmen Betalain Dari Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus) Yelfira. 37–42.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v1i2.4910

Article Metrics

 Abstract Views : 1755 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cut Sisin Mehita, Ishak Ishak, Syamsul Bahri, Masrullita Masrullita, Rizka Nurlaila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat