PRODUKSI GAS HIDROGEN DARI AIR LAUT DENGAN PROSES ELEKTROLISIS MENGGUNAKAN ELEKTRODA LOGAM (TITANIUM) DAN NON LOGAM (KARBON)

Muhammad Abrar, Lukman Hakim, Suryati Suryati, Rozanna Dewi, Zainuddin Ginting

Abstract


Dalam memenuhi kebutuhan pasokan energi dalam negeri, salah satu penelitian mengenai energi terbarukan yang pada saat ini dikembangkan adalah pemanfaatan bahan bakar hidrogen yang digunakan dalam Fuel Cell System. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan produksi gas hidrogen yang sebelumnya hanya mengandalkan gas alam, pembuatan gas hidrogen sebagai energi terbarukan diharapkan menjadi terobosan baru dalam mendukung energi yang ramah lingkungan. Pada penelitian ini melakukan metode elektrolisis menggunakan arus listrik searah atau DC (Power Supply) dan air laut dengan volume elektrolit 1000 ml, waktu elektrolisis 2, 4, 6, 8, dan 10 menit dengan menggunakan elektroda Titanium dan Karbon dan memvariasikan tegangan 5, 10, 15, 20 dan 25 volt. Pemilihan jenis reaktor berbentuk silinder berkapasitas 1500 ml, kondisi operasi 30oC dan 1 atm. Hasil kajian menunjukkan bahwa tegangan sangat berpengaruh terhadap penguraian air laut menjadi gas hidrogen. Dengan menggunakan elektroda titanium didapat hasil flow rategas hidrogen yang paling tinggi di dapat pada tegangan 25 volt dengan waktu 8 menit sebesar 247 cc/min dengan elektroda Titanium yang tidak terdegradasi sedangkan dengan elektroda Karbon didapat 318 cc/min pada 25 volt dengan waktu 10 menit namun elektroda karbon lebih cepat terdegradasi. Sedangkan jumlah volume Sodium Hipoklorit yang terbentuk sangat dipengaruhi oleh tegangan dan waktu elektrolisis.


Full Text:

PDF

References


Ginting, A. H. (2010). Simulasi Sistem Kontrol Klorinasi Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap Sebalang Unit 5 & 6 Lampung Selatan. Journal of Chemical Engineering, 2(3), 6.

Nielsen, B. C. (2006). Control of Ballast Water Organisms with a Seawater Electrochlorination and Filtration System. Journal of Chemical Engineering, 10(4), 18.

Sutoto. (2009). Karakterisasi Elektroda Titanium Untuk Regenerasi Elektrolit Dekontaminasi Secara Elektrodeposing. Journal of Chemical Engineering, 14(2), 12.

Taspika, A. M. (2015). Pembuatan Elektroda Kapasitor Karbon Berpori Dari Tempurung Kemiri (Aleurites Moluccana) Sebagai Sistem Capacitive Deionization. Journal of Chemical Engineering, 13(1), 8.

Tumimomor, F., Maddu, A., & Pari, G. (2012). Pemanfaatan Karbon Aktif Dari Bambu Sebagai Elektroda Superkapasitor. Journal of Chemical Engineering, 23(3), 10.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v1i3.4711

Article Metrics

 Abstract Views : 91 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Abrar, Lukman Hakim, Suryati Suryati, Rozanna Dewi, Zainuddin Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter