PEMANFAATAN MINYAK NILAM ACEH UTARA SEBAGAI FIXATIF AGENT DALAM PEMBUATAN PENGHARUM RUANGAN BERBASIS CAIR

Evi Dahliani Sitanggang, Jalaluddin Jalaluddin, Zainuddin Ginting

Abstract


Tanaman nilam (Pogostemon cablin Benth) merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang cukup penting sebagai komoditi ekspor Indonesia. Industri minyak nilam Aceh, yaitu di wilayah Lhokseumawe-Aceh Utara mulai berkembang sejak tahun 1996, dan diketahui nilam Aceh Utara merupakan varietas tanaman nilam terbaik kedua di dunia dengan kandungan patchouli alcohol 34,46 %. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan hasil pengaruh minyak nilam terhadap produk pengharum ruangan dan untuk mendapatkan formulasi yang menghasilkan tingkat keharuman yang lebih kuat dan tahan lama. Adapun bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah minyak nilam Aceh Utara, Etanol 76 %, Bibit pewangi, dan Propilen glikol, kemudian dilakukan pencampuran bahan-bahan dengan cara dihomogenisasikan manual selama 1-2 menit. Hasil penelitian menunjukan dalam uji organoleptik formulasi pengharum ruangan dalam minyak nilam pada volume 0,15 ml, 0,25 ml dan 0,4 ml didapat hasil yang terbaik pada volume minyak nilam 0,25 ml. Hasil pengharum ruangan yang didapatkan sangat wangi dan beraroma khas kopi dan wangi nilam yang lembut. Volume 0,25 ml digunakan untuk sebagai pengujian di variabel terikat. Dari hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pengharum ruangan yang banyak disukai panelis ada pada pengharum ocean fresh dan terdapat formulasi pertama dan ke enamlah yang dianggap paling harum dengan perbandingan zat pewangi (kopi): pelarut sebanyak 3 ml:2 ml. Dalam Uji ketahanan Wangi hasil menunjukan pada formulasi keempat yaitu formulasi perbandingan zat pewangi 4 ml dan pelarut 2 ml yang dipengaruhi oleh bobot/berapa panjangnya sisa zat cair. Dalam uji penyerapan zat cair hasil menunjukan yang lebih cepat menguap dan habis ada pada formulasi ketiga yaitu zat pewangi (kopi): pelarut sebanyak 3 ml:3 ml. Hasil penguapan zat cair menunjukan total terbesar persen penguapan dihasilkan pada ruangan yang diberi kipas angin.


Keywords


Minyak Nilam Aceh, Uji Organoleptik, Uji Ketahanan Wangi, Uji,Penguapan Zat Cair.

Full Text:

PDF

References


Nababan, 2018. “Formulasi Gel Pengharum Ruangan Menggunakan Basis Campuran Hydoxy Propyl Methyl Cellulose (HPMC) dan Pektin Dengan Minyak Lemon Sebagai Pewangi dan Minyak Akar Wwangi Sebagai Fiksatif” Universitas sumatera utara.

Pasaribu gunawan, 2014. Pemanfaatan Minyak Dryobalanops Aromatica Gaertn Sebagai Bahan Pewangi Alami (Utilization of Dryobalanops aromatica Gaertn as a Natural Fragrance Ingredient), Jurnal Penelitian Hasil Hutan Vol. 32 No 3.

Fitrah, A.N, 2013. “Formulasi Gel Pengharum Ruangan Menggunakan Karagenan Dan Glukomanan Dengan Pewangi Minyak Jeruk Purut Dan Kenanga” Jurnal Department of Agroindustrial Technology. Institut Teknologi Bandung.

Ismuyanto Bambang, dkk (2013). Karakteristjk Gel Pengharum Ruangan Dengan Berbagai Grade Patchouli Alcohol Dan Konsentrasi Minyak Nilam. Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Jeni, N. (2018). Pembuatan Gel Pengharum Ruangan Menggunakan Karagenan dan Xanthan Gum sebagai Basis dengan Aroma Apel dan Minyak Akar Wangi. Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Kaya, A. O. W. (2018). Pemanfaatan Karaginan Semi Murni Sebagai Bahan Pembentuk Gel Dalam Pembuatan Gel Pengharum Ruangan Utilization Of Semirefined Carrageenan As A Gelling Agent In. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Ambon.

Kaya Adrianus. (2015). Perancangan proses pembuatan gel pengharum ruangan berbasis campuran semirefined carrageenan dan glukomanan adrianus orias willem kaya.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v1i1.3528

Article Metrics

 Abstract Views : 408 times
 PDF Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Evi Dahliani Sitanggang, Jalaluddin Jalaluddin, Zainuddin Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat