DEGRADASI LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN SINAR ULTRAVIOLET

Budi Artono, Lukman Hakim, Eddy Kurniawan, Zainuddin Ginting, Ishak Ibrahim

Abstract


Air limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mengandung bahan organik dengan konsentrasi tinggi, padatan tersuspensi, serta bahan koloid seperti lemak, protein, dan selulosa. Bahan orgnik ini dapat menimbulkan permasalahan lingkungan bila dibuang langsung ke lingkungan. Penelitian ini telah dilakukakn sebelumnya yang menjadi pembeda adalah oksidatornya yaitu hidrogen peroksida. Pada penelitian ini, sampel limbah cair dari pabrik kelapa sawit dikumpulkan dan diuji dengan proses iradiasi menggunakan sinar UV. Konsentrasi zat-zat organik dalam limbah sebelum dan sesudah iradiasi diukur untuk menentukan efisiensi proses degradasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan sinar UV dengan hidrogen peroksida dalam penurunan COD, BOD, TSS, TDS, dan pH. Variabel yang diamati adalah COD, BOD, TDS, TSS, dan pH yang dikaitkan dengan rentang waktu pemaparan sebesar 1, 3, 5, dan 7 jam dan jumlah penambahan hidrogen peroksida sebanyak 25, 20, 75 dan 100 mL, Dari hasil penelitian ini, penggunaan sinar UV dan kombinasi sinar UV-hidrogen peroksida mampu menurunkan COD, BOD, dan TSS dengan kadar masing – masing 123,2 mg/L, 79,5 mg/L, dan 98 mg/L ; tetapi meningkatkan kadar TDS dan pH masing-masing sebesar 401 mg/L dan 8.05.

Keywords


Air Limbah PKS, BOD, COD, Hidrogen Peroksida, Sinar UV. TDS, dan TSS

Full Text:

PDF

References


Agrios, G. N. 2005. Plant Pathology. Fifth Edition. USA :

Elsevier Academic Press. 922 p. Ansar, Nazaruddin, dan Azis A D. 2019. Pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap perubahan pH dan warna nira aren (Arenga Pinnata MERR) setelah penyadapan. Jurnal Teknik Pertanian Lampung.

Fandri, W. 2006. Identifikasi Bakteri Lipolitik pada Instalasi Pengolahan Limbah Cair Industri Kelapa Sawit PT. AMP Plantation.

Hanum, F. (2009) Pengolahan limbah cair pabrik kelapa sawit dari unit deoiling ponds menggunakan membran mikrofiltrasi, M.S. Tesis, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Hutagalung, S.S. 2010. Metode Advanced Oxidation Process (AOP) Untuk Mengolah Limbah Resin Cair. Banten : RISTEK.

Isyuniarto, Widdi Usada, Suryadi, A. P., 2007, Proses Ozonisasi Pada Limbah Cair Industri Gula, Jurnal Kimia Indonesia.

Manendar, R. (2010). Pengolahan Limbah Cair Rumah Potong Hewan (RPH) Dengan metode Fotokatalitik TiO₂ ; Pengaruh Waktu Kontak Terhadap Kualitas BOD, COD, dan pH Efluen. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Mulyaningsih, D., 2013. Pengaruh Effective Microorganism MS-4(EM-4) terhadap penurunan kadar Chemical Oxygen Demand ( COD) pada Limbah Cair Industri Tahu. Solo, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Munter. R. 2001 Advanced Oxidation Processes - Current Status And Prospects.

Nadia, A., 2015. Air Terproduksi dan dampaknyua terhadap lingkungan, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Nevi Dewi Andrasari, sri wardhani. (2014). Fotokatalis

TiO2-zeolit untuk degradasi metilen biru.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Baku Mutu Air Limbah.

Pratiwi, 2021, Analisis Dampak Sumber Air Sungai Akibat Pencemaran Pabrik Gula Dan Pabrik Pembuatan Sosis, Journal of Research and Education Chemistry.

Riyani, K., Setyaningtyas, T., & Dwiasih, D. W. (2012). Pengolahan Limbah Cair Batik menggunakan Fotokatalis TiO2- Dopan-N dengan Bantuan Sinar Matahari.

Sisyanreswari, H., Oktiawan, W., Rezagama, A. 2014, Penurunan TSS, COD, dan Fosfat pada Limbah Laundry Menggunakan Koagulan Tawas dan Media Zeolit. Jurnal Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v3i6.12201

Article Metrics

 Abstract Views : 106 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 budi artono, Lukman Hakim, Eddy Kurniawan, Zainuddin Ginting, Ishak Ibrahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat