FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SEKSUAL PADA SISWA SMAN 1 LHOKSEUMAWE TAHUN 2009

Harvina Sawitri1 Yuziani

Abstract


Remaja SMA merupakan remaja dalam masa yang penuh gejolak dalam mencari identitas diri dan perkembangan seksual mereka. Proporsi perilaku berisiko seksual pada remaja termasuk tinggi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual pada siswa SMAN 1 Lhokseumawe. Penelitian ini dilakukan dengan desain cross sectional,  jumlah sampel sebanyak 50 siswa, menggunakan kuesioner dan derajat kepercayaannya 90%. Variabel yang diteliti adalah pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, pengaruh media, pengaruh teman dan komunikasi dengan orangtua. Hasil dari penelitan ini adalah komunikasi dengan orangtua (p=0,064)  mempunyai hubungan yang bermakna dengan perilaku seksual, sedangkan pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, pengaruh media dan pengaruh teman tidak mempunyai hubungan yang bermakna dengan perilaku seksual. Orangtua yang melakukan komunikasi yang baik dengan anak menyebabkan anak tidak mempunyai persepsi yang salah tentang masalah seksualitasnya.


Keywords


perilaku seksual, komunikasi dengan orang tua, perilaku bermasalah

Full Text:

PDF

References


Al mighwar M. Psikologi remaja : petunjuk bagi guru dan orang tua. Bandung: Pustaka setia, 2006.

BPS, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ICF Internasional. SDKI 2012 kesehatan reproduksi remaja laporan pendahuluan. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2012.

Susanti F. Menuju Masa Akil Baligh. Jakarta: Sunda Kelapa Pustaka, 2008.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Laporan Tahunan, 2007.

Soetjiningsih. Remaja Usia 15 - 18 Tahun Banyak Lakukan Perilaku Seksual Pranikah [cited 2009 Jan 6]. Available from: URL: http://www.ugm.ac.id

Maimunah Siti. Pengaruh faktor keluarga terhadap perilaku seksual remaja. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan; 2015 Hal 359-362; Malang. Malang : Fakultas Psikologi UMM.

Skripsi Mandey Frike K. P. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual pranikah berisiko pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado [skripsi]. Manado : Universitas Negeri Manado, 2014.

Sarwono S. W. Psikologi Remaja. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Skripsi Riswanti HA. Hubungan pengetahuuan tentang media sosial dengan sikap remaja dalam seks bebas pada siswa kelas II di SMAK St. Gabriel Maumere Tahun 2012 [Skripsi]. Maumere; Universitas Nusa Nipa; 2012.

Siti N. Pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku cyberbullying pada siswa SMAN 12 Pekanbaru. Jurnal Fisip. 2014; 1 (2) : 2.

Rosdarni, Dasuki Djaswadi , Waluyo Djoko Sumarni. Pengaruh faktor personal terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional 2015; 9 : 214-221.

Suwarni L. Monitoring parental dan perilaku teman sebaya terhadap perilaku seksual remaja SMA di kota Pontianak. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 2009; 4 (2) : 127- 133.

Sauri, Achmad. Pengaruh komunikasi antar pribadi orangtua tua terhadap perilaku seksual remaja di SMKN 1 Tenggarong Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Komunikasi 2014; 2(1) : 349-362.

Rohmahwati D.A, Lutfiati, A, Sri M. Pengaruh pergaulan bebas dan vcd porno terhadap perilaku remaja di Masyarakat. 2008 [diakses 2009 Nov 29]. Available from : http://kbi.gemari.or.id/beritadetail.php?id=2569.




DOI: https://doi.org/10.29103/averrous.v2i1.418

Article Metrics

 Abstract Views : 522 times
 PDF Downloaded : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AVERROUS

License URL: https://creativecommons.org


Copyright © AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh

Diterbitkan Fakultas Kedokteran Universitas Malikusaleh

Unimal LogoCreative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License