Edukasi Gizi Menggunakan Media Permainan di Taman Baca Kelompok KKN Tematik Satu Desa Keutapang, Lhoksukon

Authors

  • Mardiati Mardiati Universitas Malikussaleh
  • Aisyah Salsabila Universitas Malikussaleh
  • Nurbalqis Aulia Universitas Malikussaleh
  • Mughni Aniyah Universitas Malikussaleh
  • Khania Vascia Anjani Universitas Malikussaleh
  • Irandary Nasywa Universitas Malikussaleh
  • Azizan Naslya Universitas Malikussaleh
  • Siti Syifa Universitas Malikussaleh
  • Cut Hafidzah Usrah Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Alwi Nasution Universitas Malikussaleh
  • Alysha Nola Sinulingga Universitas Malikussaleh
  • Oktaduta Muhammad Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.29103/auxilium.v2i2.17987

Keywords:

gizi, edukasi, permainan

Abstract

Anak usia sekolah dasar adalah anak yang beresiko mengalami kekurangan gizi, sehingga diperlukan pemahaman mengenai edukasi makanan bergizi yang memenuhi kebutuhan gizi anak. Edukasi dilakukan melalui penjelasan mengenai materi makanan bergizi kemudian dilanjutkan dengan aktivitas permainan. Edukasi gizi harus diberikan sejak dini, pada taman baca kelompok satu KKN tematik dilakukan intervensi materi gizi dengan menggunakan tiga metode yang berbeda dimana untuk anak usia 6-9 tahun yang belum bisa membaca dilakukan dengan metode kolase dan untuk anak usia 6-9 tahun yang dapat membaca metode yang digunakan adalah permainan puzzle gizi dan usia 10-12 tahun dengan cara permainan rangking satu. Setelah dilakukan intervensi dengan pemberian materi gizi dan permainan terdapat perbedaan yang signifikan dimana terjadi peningkatan pengetahuan tentang gizi yang diketahui anak-anak Desa Keutapang.

References

Arono, A., Diani, I., Yunita, W., Aulia, R., & Syahriman, S. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi Di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 144-161. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.4964

BPKP. (2024). Potret Sehat Indonesia dari Kacamata SKI 2023. Kemenkes. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/potret-sehat-indonesia-dari-kacamata-ski-2023/

Budiarti, E., Rohmah, S., Kasiati, Pertiwi, H., & Umilia. (2023). Meningkatkan Pemahaman Pentingnya Makan Makanan Bergizi Seimbang Melalui Kegiatan Makan Bersama Di Ra Al Fata Rokan Hulu. HEALTHY : Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(4), 218-229. https://doi.org/10.51878/healthy.v1i4.1817

Kemenkes. (2022). Mengenal Apa Itu Stunting. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1388/mengenal-apa-itu-stunting

Lestari, P. Y., Tambunan, L. N., & Lestari, R. M. (2022). Hubungan Pengetahuan tentang Gizi terhadap Status Gizi Remaja. Jurnal Surya Medika, 8(1), 65-69. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i1.3439

Muhammad Iqbal S, Nanda Desreza, & Susi Handa Resta. (2023). Edukasi Pentingnya Makanan Bergizi Dan Memilih Jajanan Sehat Bagi Anak Usia Sekolah. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(3), 01-09. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i3.2416

Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Aceh Riskesdas 2018.

Unicef. (2022). Gizi Mengatasi Tiga Beban Malnutrisi di Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/gizi?gad_source=1&gclid=CjwKCAjw2Je1BhAgEiwAp3KY70hzX4LrZJ_8ovP4T_eW3Rr_htXQqtDmm7hhwXOswigmCH1PIg_7mhoC1BMQAvD_BwE

Downloads

Published

2024-08-10