PENDEKATAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN PADA PERMUKIMAN PADAT PERKOTAAN

Deni Deni, Mariaty Pane, Rahmat Rejoni

Abstract


Sebagai kaum marjinal yang bertinggal di lingkungan padat perkotaan tidak memiliki daya dalam memperbaiki kualitas bertinggal mereka agar tahan terhadap bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu dapat menimpa. Kecamatan Tanjungbalai Utara merupakan salah satu wilayah yang sangat rentan terhadap bencana kebakaran yang ditetapkan sebagai wilayah studi penelitian untuk menemukan rumusan sistem yang bagaimana dapat menanggulangi bencana kebakaran. Sebagai pendekatan dilakukan identifikasi terhadap wilayah studi dengan menggunakan rumusan Model Crunch yang menerjemahkan bahwa tingkat resiko bencana kebakaran (R) merupakan penjumlahan atas sumber bahaya (H) dan kerentanan (V) yang dikurangi dengan ketahanan (C). Sedangkan tindakan mengungkap keberadaan lingkungan mereka digunakan pemikiran tipologi perumahan masyarakat berpenghasilan rendah di perkotaan dan didukung dengan pemikiran-pemikiran para ahli dan instansi, standarisasi serta peraturan pemerintah untuk mengetahui keberadaan lingkungan permukiman mereka terhadap tingkat resiko kebakaran yang ada.   Kemudian dilakukan penilaian yang dimuat melalui variabel-variabel tolok ukur tertentu berdasarkan sumber bahaya, kerentanan dan ketahanan terhadap lingkungan permukiman mereka. Setelah dilakukan penilaian melalui model Crunch yang didukung dengan rumus Sturges atas interval penilaian yang ada, ternyata wilayah studi memiliki status tingkat resiko bencana kebakaran yang cukup tinggi dengan nilai -7. Berdasarkan status tingkat resiko bencana kebakaran wilayah studi, dilakukan analisis praktis dengan melihat potensi yang dimiliki wilayah studi untuk diolah menjadi suatu sistem penanggulangan kebakaran yang dapat meningkatkan nilai ketahanan. Kemudian lahirlah sistem swadaya penanggulangan bencana kebakaran di lingkungan padat perkotaan sebagai rumusan pemikiran yang diharapkan ideal bagi lingkungan permukiman mereka.

Keywords


sumber bahaya, kerentanan, ketahanan.

Full Text:

PDF

References


Agung Wahyudi., Identifikasi Tingkat Resiko Kebakaran Menggunakan SIG (Studi Kasus : Kota Bandung).Tugas Akhir Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Sekolah Arsitektur dan Perencanaan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung., 2004. Andi Oetomo., Penataan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana. Buletin Tata Ruang Mei-Juni 2007.

Anthony Giddens., The Constitution of Society, Berkeley & Los Angeles: University of California Press, 1984.

Awotona., Adenrele., Reconstruction After Disaster., England., 1997.

BAKORNAS PB., Keputusan Presiden Republik Indonesia No.43 Tahun 1990 Tentang Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana.Jakarta., 1990

Davidson, Sanderson., Reducing Risk as a Tool For Urban Improvement: The Caqueta Ravine, Lima, Peru., 1997.

Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta., Teori Dasar Penanggulangan Bahaya Kebakaran., 2006., Jakarta.

Edward Relph., Place and Placelessness., Pion Limited, 207 Brondesbury Park, London. 1976.

Erik H. Erikson., The Life Cycle Completed., W.W. Norton M. Company., 1997

Kepmen PU No. 11/KPTS/2000., Ketentuan Teknis Manajemen Penanggulangan Kebakaran di Perkotaan.

Mantra,Ida Bagus Gede Wirawibawa., Kajian Penanggulangan Bahaya Kebakaran Pada Perumahan-Suatu Kajian Pendahuluan di Perumahan Sarijadi Bandung., Jurnal Permukiman Natah Volume 3 Nomor 1.

Perda Kota Bandung No. 15 Tahun 2001 Penjelasan pasal 37 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran.

Robert B Potter and Sally Lloyd-Evans., The City in The Developed World., Longman Press., 1998.

Tanjung Balai Dalam Angka 2010., Badan Pusat Statistik Kota Tanjungbalai dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tanjung Balai.

W.Nick Carter., Disaster Management : A Disaster Manager’s Handbook., Asian Development Bank., 1992.




DOI: https://doi.org/10.29103/arj.v1i1.1238

Article Metrics

 Abstract Views : 2074 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Deni Deni, Mariaty Pane, Rahmat Rejoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Indexed in:

Crossref logo  Portal Garuda   Google Scholar      Dimension

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Architecture Program
Universitas Malikussaleh