Analisis Ketersediaan Air Tanah Pada Persawahan Di Kabupaten Aceh Utara

Arijuddin Arijuddin, Halim Akbar, Muhammad Rusdi, Nasruddin Nasruddin, Laila Nazirah

Abstract


Ketersediaan air tanah merupakan faktor penting dalam memenuhi kebutuhan air pada tanaman. Tanaman membutuhkan air dalam proses pertumbuhannya, dimana setiap tanaman memiliki tingkat kebutuhan air yang berbeda-beda tergantung jenis tanamannya. Pertumbuhan tanaman akan maksimal jika kadar ketersediaan air tanah terpenuhi. Oleh sebab itu untuk menjaga kestabilan pertumbuhan tanaman maka analisis ketersediaan air tanah dalam jangka panjang perlu dilakukan dalam upaya pencegahan kekurangan air bagi tanaman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dimana lokasi yang dilakukan penelitian adalah persawahan di kabupaten Aceh Utara. Adapun parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah ketersediaan air tanah, dimana faktor ini nantinya akan dianalisis  dan selanjutnya dijadikan referensi dalam pengelolaan tanaman padi di kabupaten Aceh Utara. Hasil dari penelitian adalah Ketersediaan air tanah di Aceh Utara berbeda-beda setiap lokasi dan berbeda pula setiap bulannya. Secara umum terlihat bahwa pada bulan Maret dan April memiliki tingkat ketersediaan air tanah yang rendah, hal ini dikarenakan berkurangnya jumlah curah hujan.


Keywords


Curah hujan, ketersediaan air tanah, pola tanam

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. 2016. Luas Lahan Sawah Menurut Kecamatan dan Jenis Pengairan di Kab. Aceh Utara (ha). Diakses dari https://acehutarakab.bps.go.id/static table/2018/01/17/204/5-1-1-luas- lahan-sawah-menurut-kecamatan- dan-jenis-pengairan-di-kabupaten- aceh-utara-hektar-2016.html

Chang, J. H. 1968. Climate and Agriculture. An Ecology Survey, Aldine Publ. Co. Chicago.

FAO. 1998. Crop Evapotranspiration Irrigation and Draignase Paper. Food and Agricultural Organization of the United Nation.

Hidayat, T., Koesmaryono, Y., Pramudia, A. (2006). Analisis Neraca Air Dalam Penentuan Potensi Musim Tanam Tanaman Pangan Di Provinsi Banten. Jurnal Floratek, Vol 2, 55-62.

Paski, J.A.I., Faski, G.I.S.L., Handoyo, M.F., Pertiwi, D.A.S. 2017. Analisis Neraca Air Lahan untuk Tanaman Padi dan Jagung di Kota Bengkulu Jurnal Ilmu Lingkungan. 15(2) : 83 - 89.

Peta digital Indonesia. diakses dari https://tanahair.indonesia.go.id/port al-web

Simanjuntak, B.H., Agus, Y.H., Yulianto, S. (2016). Kajian Ketersediaan Air Tanah Untuk Penentuan Surplus- Defisit Air Tanah Dan Pola Tanam. Prosiding Konser Karya Ilmiah. Vol. 2. ISBN : 2460-5506.

Thornthwaite, C.W. 1948. An Approach toward a Rational Classification of Climate. American Geographical Society : Geographical Review, Vol. 38, No. 1 (Jan., 1948), pp. 55- 94.

Thornwaite, C.W dan Mather, J.B. 1957. Instruction and Table for Computing Potential Evapotranspiration and the Water. Drexel Inst. Of Tech. Lab. of Climatology. New Jersey, USA.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v19i3.8756

Article Metrics

 Abstract Views : 860 times
 PDF Downloaded : 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arijuddin Arijuddin, Halim Akbar, Muhammad Rusdi, Nasruddin Nasruddin, Laila Nazirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics