Karakter Agronomi Beberapa Varietas Tomat (Solanum lycopersicum) Akibat Pemberian Ekstrak Lamtoro (Leucaena leucocephala L. )

Elvira S D, Muhamad Yusuf, Desi Yarnika

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi karakter agronomi beberapa varietas Solanum lycopersicum MILL. akibat pemberian ekstrak lamtoro (Leucaena leucocephala, L.) dengan dosis berbeda. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan acak kelompok dengan tiga ulangan. Dua varietas yang dicobakan adalah Mawar dan Karina, sebagai faktor pertama. Ekstrak lamtoro terdiri dari kontrol, 300 cc/l, 400 cc/l, dan 500 cc/l. Variabel yang diamati terdiri dari tinggi tanaman umur 15 dan 30 hari setelah tanam, jumlah bunga per dompolan, umur berbuah, jumlah bunga per dompolan per tanaman, dan berat buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi tanaman, umur berbuah, jumlah bunga per dompolan tiap tanaman dan berat buah sangat dipengaruhi oleh varietas. Sedangkan untuk pemberian ekstrak lamtoro, tidak ditemukan pengaruh pada setiap variabel pengamatan. 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Badan Pusat Statistik. 2011. Survei Sosial Ekonomi Nasional, Pengeluaran dan Konsumsi Penduduk Indonesia. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2014. Survei Sosial Ekonomi Nasional, Pengeluaran dan Konsumsi Penduduk Indonesia. Jakarta.

Chairani, H. 2008. Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah dan Kejuruan. Jakarta.

Ditjen Hortikultura. 2009. Produksi Tanaman Sayuran di Indonesia Periode 2003 – 2008. http://www.hortikultura.deptan.go.id. (8 Oktober 2009).

Darjanto dan Satifah, S. 1984. Pengetahuan Dasar Biologi Bunga dan Teknik Penyerbukan Silang Buatan. Penerbit PT. Gramedia. Jakarta.

Harjadi, S. 1998. Pengaruh Perbedaan Bahan Stimulator Terhadap Bahan Organik (sifat fisik kompos). Pusat Studi Indonesia. Jakarta.

Listyarini, D. 2010. Pemanfaatan Beberapa Pupuk Hijau Dalam Penurunan Kepadatan Ultisol dan Produksi Kacang Tanah. http://www.diahlistyarini.blogspot.com.untuk-perbaikan.htm. (15 April 2013).

Mangoendidjojo, W. 2003. Dasar-dasar Pemuliaan Tanaman. Kanisius. Yogyakarta.

Saifuddin, A. 1986. Pupuk Organik Kompos dan Sampah. Humaniora Utama Press. Bandung.

Sarief, E. S. 2005. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana. Bandung.

Sutanto, R. 2002. Penerapan Pertanian Organik: Pemasyarakatan dan Pengembangannya. Kanisius. Yogyakarta.

Tisdale, S. L., dan Nelson, W. L. 1993. Soil Fertility and Fertiliser. 3rd Edition. New York.

Villareal, R. L. 1979. Tomato Production In The Tropics Problem and Progress. 1st International Symposium on Tropical Tomato. Shanhva, Taiwan.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v11i2.617

Article Metrics

 Sari Views : 163 times
 PDF (English) Downloaded : 53 times

Refbacks



##submission.copyrightStatement##