Penentuan Pelapisan Kitosan Terbaik Dan Tingkat Kematangan Pada Cabai Merah (Capsicum annuum L.)

Rita Hayati, Jilan Vida Rana Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi kitosan dan tingkat kematangan pada cabai merah serta ada tidaknya interaksi antara konsentrasi kitosan dan tingkat kematangan pada cabai merah. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hortikultura Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh yang berlangsung pada bulan Agustus sampai September 2020. Percobaan disusun menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial 3x3 dengan 3 ulangan. Terdapat 2 faktor yang diteliti, faktor pertama yaitu konsentrasi kitosan terdiri dari kitosan 1%, kitosan 2% dan kitosan 3%. Faktor kedua yaitu tingkat kematangan terdiri dari warna hijau, warna peralihan dan warna merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi kitosan 3% yang terbaik karena mampu mempertahankan susut bobot dan kadar air pada cabai merah. Pada tingkat kematangan peralihan yang terbaik karena mampu mempertahankan kadar air, warna L, warna a, warna b, organoleptik terhadap warna, penampilan. Interaksi terbaik terdapat pada kombinasi antara konsentrasi kitosan 3% dan tingkat kematangan peralihan yang mampu mempertahankan warna L, b, dan atribut penampilan

Full Text:

PDF

References


Ardasania I. 2014. Pengaruh penambahan pektin dan gliserol pada gel lidah buaya (Aloe vera) serta lama pencelupan dalam edible coating terhadap kualitas cabai merah besar (Capsicum annum L.). Skripsi. Tidak diterbitkan Departemen Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Ayustaning, A. F. Retnaningrum, G. Safitri, I. dan Anggraheni, N. 2014. Aplikasi Pengolahan Pangan. Deepublish, Yogyakarta.

Baldwin, E., A. Hagenmaier, R. dan J. Bay. 2012. Edible Coating and Film to Improve Food Quallity Second Edition. CRC Press, London.

Dewi Sri Hartati. 2009. Pengaruh Konsentrasi Kitosan Pada Dua Tingkat Kematangan Tomat Terhadap Mutu dan Lama Simpan Tomat. Cirebon.

Henriette, M, C. Azeredo, B. D. and Assis, O, B, G. 2010. Chitosan edible films and coating-review. Embrapa tropical agroindustry. 179-194.

Isnaini, N. 2009. Pengaruh Edible Coating Terhadap Kecepatan Penyusutan Berat Apel Potongan. Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Surabaya.

Kays SJ. 1991. Postharvest Physicology of Perishable Plant Product. New York (US), AVI Book.

Mardiana, K. 2008. Pemanfaatan gel lidah buaya sebagai edible coating buah belimbing manis (Averrhoa carambola L.). Skripsi. IPB, Bogor.

Megasari R. dan A. K. Mutia. 2019. Pengaruh lapisan edible coating kitosan pada cabai keriting (Capsicum annum L.) dengan penyimpanan suhu rendah. Journal of Agritech Science. 3(2): 118-127.

Mekawati, F. E., dan D. Sumardjo. 2000. Aplikasi kitosan hasil tranformasi kitin limbah udang (Penaeus merguiensis) untuk adsorpsi ion logam timbal. Jurnal Sains and Matematika, FMIPA Undip. Semarang. 8(2): 51-54.

Pantastico, E. R. B. 1993. Fisiologi Pascapanen (Penanganan dan Pemanfaatan Buah-buahan dan Sayur-sayuran Tropika dan Subtropika). Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Piay Sherly S., A. Tyasdjaja, Y. Ermawati dan F. R. P. Hantoro. 2010. Budidaya dan Pascapanen Cabai Merah (Capsicum annum L.). Ungaran, BPTP Jawa Tengah.

Rukhana, I. S. 2017. Pengaruh lama pencelupan dan penambahan bahan pengawet alami dalam pembuatan edible coating berbahan dasar pati kulit singkong terhadap kualitas pasca panen cabai merah (Capsicum annuum L.). Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Samad,Y. 2006. Pengaruh penanganan pasca panen terhadap mutu komoditas hortikultura. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia. 8(1): 31-36.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v18i2.5341

Article Metrics

 Abstract Views : 590 times
 PDF Downloaded : 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Rita Hayati, Jilan Vida Rana Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics