Effektivitas Kombinasi Cendawan Beauveria bassiana Dan Nomuraea rileyi Terhadap Tingkat Mortalitas Hama Ulat Api Jenis Setothosea asigna

Saroha Manurung, Dina Arfianti Saragih, Andan Kurniawan Sirait

Abstract


Penelitian dilakukan dengan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial yaitu dengan pengamatan langsung di lapangan dengan 5 perlakuan dengan 4 ulangan dengan jumlah  40 ekor Ulat api (P0), 40 ekor ulat api (P1), 40 ekor ulat (P2), 40 ekor ulat api (P3), dan 40 ekor ulat api (P4). dengan beberapa parameter yaitu mengetahui tingkat mortalitas ulat api dengan dosis tertentu dan melihat tingkat laku dari ulat tersebut setelah diaplikasikan terhadap cendawan beauveria bassiana dan Nomuraea rileyi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 5 perlakuan dan 4 ulangan yang diteliti, semakin tinggi dosis kombinasi cendawan beauveria bassiana dan Nomuraea rileyi yang diaplikasikan  maka tingkat mortalitas kematian ulat juga semakin tinggi, dimana untuk mortalitas tertinggi terdapat pada perlakuan P4 dengan persentase 87,5%  pada hari ke 11 setelah aplikasi dan untuk yang terendah terdapat pada perlakuan  PI  dengan persentase 77,5%.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. Z. 2008. Pemanfaatan Cendawan untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kesehatan Ternak. J Litbang Pert 27(3): 86.

Harahap, P. R. 2018. Efektifitas Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L) Terhadap Mortalitas Ulat Api (Setothosea Asigna) Pada Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq). Tugas akhir. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan, Medan

Hidayah, N dan Indrayani, I,G,A,A. 2011. Pengaruh Komposisi Media Terhadap Pertumbuhan jamur Nomuraea rileyi (FARLOW) SAMSON dan Patogenitasnya Pada Helicoverpa armigera HUBNER dan Spodoptera litura F. JURNAL LITTRI Vol 17 No 3 Hal 102-108. Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat. Malang.

Indrayani, IGAA. 2011. Potensi jamur Entomopatogen Nomuraea rileyi (FARLOW) Samson untuk Pengendalian Helicoverpa Armigera hubner pada Kapas. Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat Indonesian Tobacco and Fibre Crops Research Institute

Lubis, R. E, dan Agus Widanarko. 2011. Buku Pintar Kelapa Sawit PT. AgroMedia Pustaka. (Cetakan ke-2) Jakarta.

Nur M. 2005. Isolasi, Identifikasi, dan Uji Patogenisitas Jamur Entomopatogen dari Larva Heliothis armigera Hubner. Pendidikan IPA. Digital Library UPI

SSCA Wowiling, J Pelealu, RTD Maramis, 2015 Pemanfaatan Cendawan Beauveria bassiana dalam Mengendalikan Hama Paraeucosmetus sp. Pada Tanaman Padi Sawah di Kabupaten Minahasa Selatan (The Use of Endophytic Fungi Beauveria bassiana to Control Paraeucosmetus sp. on Rice Plant in South Minahasa Dist.- JURNAL BIOS LOGOS.

Sulistiyo, B, DH. Abubakar, S. Amir, P. Donald, S. Johan, E. 2010. Budi Daya Kelapa Sawit . Balai Pustaka. Jakarta.

Satriawan, R. 2011. Kelimpahan Populasi Ulat Api Dan Ulat Kantung, Serta Predator Pada Perkebunan Kelapa Sawit.IPB.Sulistyo, B. 2010.Budidaya Kelapa Sawit. Pusat Penelitian Kelapa Sawit. PPKS, Medan.

Sihombing, R., Oemry . S dan Lubis L. 2014. Uji Efektivitas Beberapa entomopatogen pada larva Oryctes rhinoceros L. (coleoptera Scarabaeadae) di Laboratorium. Jurnal Online Agroteknologi, Vol 2,No,4, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Soetopo, D., dan Indrayani. 2007. Status Teknologi Dan prospek Beauveria bassiana Untuk Pengendalian Serangan hama Tanaman Perkebunan Yang Ramah Lingkungan. Balai penelitian Tanaman Tembakau dan Serat. Malang- Jawa timur.

Plate, J. 1976. Fungi. Biological Control: A guide to natural enemies in North America. Cornel University.4pp

Prayogo, Y. dan Suharsono. 2005. Optimalisasi

Pengendalian Hama Pengisap Polong Kedelai (Riptortus linearis) dengan Cendawan Entomopatogen Verticillium lecanii. Jurnal Litbang Pertanian 24 (4): 123–130.

Turnip, A., Dirky, Y, P, R. Daniel, L. 2015. Uji Efektivitas Jamur Beauveria bassiana dan Waktu Aplikasi Terhadap Hama Spodoptera litura Pada Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea).

Trizelia, Neldi Armon, dan Hetrys jailani. 2015. Keanekaragaman Jamur Entomopatogen pada Rizosfer Berbagai Tanaman Sayuran, PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON Vol 1 No 5 Hal 998-1004. Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Kampus Limau manih, Padang.

Trizelia. 2008. Patogenisitas cendawan entomopatogen Nomuraea rileyi (Farl.) Sams. Terhadap hama Spodoptera exigua Hubner (Lepidoptera:Noctuidae). Jurnal Entomologi Indonesia 5(2):108-115.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v17i2.2856

Article Metrics

 Abstract Views : 551 times
 PDF Downloaded : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Saroha Manurung, Dina Arfianti Saragih, Andan Kurniawan Sirait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics