Fitoremediasi Lahan Bekas Tambang Emas Dengan Penggunaan Berbagai Jenis Legume Dalam Memperbaiki Sifat Fisik Tanah Di Kabupaten Sijunjung

Giska Oktabriana. S, Riza Syofiani, Gusmini Gusmini, Aprisal Aprisal

Sari


Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, memiliki cadangan emas yang diperkirakan ada di beberapa lokasi. Kegiatan penambangan umumnya dilakukan di lahan pertanian dan perkebunan seperti persawahan dan perkebunan karet dengan teknik penambangan terbuka yang berpotensi merusak lingkungan. Akibat pengerukan, penimbunan, dan pemadatan kendaraan berat merusak tekstur tanah, pada tata air, resapan air yang terganggu akan meningkatkan limpasan dan erosi. Strategi perbaikan sifat fisik tanah dilakukan dengan penanaman tanaman penutup tanah yang dikenal dengan Legum Cover Crop (LCC). Tanaman ini dapat hidup dan bertahan hidup di tanah yang rusak dan berguna untuk melindungi tanah dari kerusakan erosi dan menghasilkan bahan organik dalam jumlah besar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik lahan bekas penambangan emas. Penelitian ini dilakukan di Nagari Pala Luar Kecamatan Koto Tujuh Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat selama 3 bulan dan dilakukan analisis tanah di Laboratorium Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan LCC yang berbeda: A = Kontrol (tanpa penerapan LCC), B = Mucuna conchinchinensis, C = Calopogonium mucunoide, D = Centrocema pubescens dan E = Mucuna bracteata. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANOVA) dan uji Tukey's HSD diterapkan jika ada perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LCC Mucuna conchinchinensis telah memperbaiki sifat fisik tanah yang ditunjukkan dengan peningkatan bahan organik tanah, penurunan volume tanah (BV), dan peningkatan total pori-pori tanah bekas tambang emas di Sijunjung. Kabupaten, Sumatera Barat.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad S. 2006. Konservasi Tanah dan Air. IPB Pr. Bogor.

Buckman, H.D dan N.C Brady, 1969. The nature and properties of soil. Diterjemahkan oleh Soegiman, 1982. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Bharata Karya Alisara. Jakarta.

Iskandar, Suwardi, Suryaningtyas DT. 2012. Reklamasi Lahan-lahan bekas tambang: beberapa permasalahan terkait sifat-sifat tanah dan solusinya. Seminar Nasional Teknologi Pemupukan dan Pemulihan Lahan Terdegradasi; Bogor, Indonesia. Pusat Studi Reklamasi Tambang LPPM IPB. Bogor.

Soepardi, G. 1983. Sifat dan Ciri Tanah. IPB. Bogor. 65 hal.

Soewandita, H. 2010. Pengembangan Nutrient untuk Mendukung Rehabilitasi Lahan Pasca Tambang. Laporan Akhir Program Insentif Perekayasa KRT Tahun 2010No. 25. Pusat Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Lahan Wilayah dan Mitigasi Bencana Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Tambunan, W. A. 2008. Kajian Sifat Fisik dan Kimia Tanah Hubungan dengan Produksi Kelapa Sawit di Kebun Kelapa Sawit PTPN II. Tesis. Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v17i2.2855

Article Metrics

 Sari Views : 176 times
 PDF (English) Downloaded : 118 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##