Respon Pemberian Pupuk Hayati Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Dua Varietas Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.)

Nazimah Nazimah, Nilahayati Nilahayati, Safrizal Safrizal, Ary Jeffri

Abstract


Tomat (Lycopersicon esculentum) termasuk tanaman hortikultura yang  memiliki vitamin dan mineral. Tomat biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu masak, minuman segar,  dan bahan pewarna alami.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan varietas dan pemberian pupuk hayati terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh dari bulan September sampai dengan bulan Desember 2020. Penelitian ini terdiri atas dua faktor; 1) varietas tomat terdiri dari V1=varietas Servo  dan V2= varietas Victory. 2) Pemberian pupuk hayati (P) yang terdiri atas P0 (kontrol), P1=2g/plot, P2= 4g/plot dan P3= 6g/plot. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok  dengan tiga kali ulangan, sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi yang nyata antara penggunaan varietas dan pemberian pupuk hayati dan memberikan pengaruh yang sangat nyata baik secara kombinasi maupun secara tunggal. Pemberian pupuk hayati pada dosis 6 g/plot dan tanaman tomat Varietas Servo memberikan hasil yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat dibandingkan dengan varietas Victory.

 Kata Kunci: Promol 12 , Servo, Victory , Produksi, Tomat


Full Text:

PDF

References


Agromedia, R. 2007. Panduan Lengkap Budidaya Tomat. Jakarta : Agromedia Pustaka.

Agung, D. H. T., Ahadiyat Y. R., 2004, Analisis Efisiensi Serapan N, Pertumbuhan, dan Hasil Beberapa Kultivar Kedelai Unggul Baru dengan Cekaman Kekeringan dan Pemberian Pupuk Hayati. Agrosains 6(2): 70-74.

Andriawan, I. 2010. Efektivitas pupuk hayati terhadap pertumbuhan dan hasil padi sawah. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Anonymous, 2018. Mningkakan Kualitas Pupuk Sawah dan Perkbunan. Http://www.promol12.com. Akses pada Mei 2018.

Cahyono, B. 2008. Budidaya dan Analisis Usaha Tani Tomat. Kanisius. Yogyakarta.

Dewi, J dan Jumini. 2012. Pertumbuhan dan Hasil Dua Varietas Tomat akibat Perlakuan Jenis Pupuk. J. Floratek. Vol (7) 76-84.

Guntoro D, MA Chozin, B Tjahjono, dan I Mansur. 2006. Pemanfaatan Cendawan Mikoriza Arbuskula dan Bakteri Azospirillum sp. untuk Meningkatkan Efisiensi Pemupukan pada Turfgrass. Jurnal Agronomi Indonesia. 34(1):62-70.

Purwati, E dan Khairunisa. 2007. Budidaya Tomat Dataran Rendah dengan Varietas Unggul serta Tahan Hama dan Penyakit. Penebar Swadaya. Jakarta. 67 hlm.

Simanungkalit, R. D. M., 2001, Aplikasi Pupuk Hayati dan Pupuk Kimia : Suatu Pendekatan Terpadu, Buletin AgroBio 4(2) : 56-61.

Simanungkalit, R. D. M., Didi, A. S., Rasti, S., Diah, S., Wiwik, H. 2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Jawa Barat.

Sunarmani, D. 2008. Parameter Likopen Dalam Standardisasi Konsentrat Buah Tomat, Prosiding PPI Standardisasi. Jakarta.

Suwahyono, U. 2011. Petunjuk Praktis Penggunaan Pupuk Organik Secara Efektif dan Efisien. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tugiyono. H. 2005. Bertanam Tomat. Penebar Swadaya. Bogor.

Wiryanta, W.T.B. 2004. Bertanam Tomat. Agromedia Pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v17i1.2357

Article Metrics

 Abstract Views : 712 times
 PDF Downloaded : 524 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nazimah Nazimah, Nilahayati Nilahayati, Safrizal Safrizal, Ary Jeffri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics