Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Wortel (daucus carota l) di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo

Authors

  • Prajaka Sembiring Universitas Malikussaleh
  • Murdani Buenbueleun Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Authar ND Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.29103/ag.v6i1.4862

Keywords:

saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran, menganalisis margin pemasaran, dan menganalisis efesiensi pemasaran wortel di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran Wortel, yaitu: Saluran I: petani - pedagang pengumpul Kecamatan - pedagang pengumpul luar kota -  pengecer - konsumen dan Saluran II: petani - pedagang pengumpul kecamatan - pedagang pengumpul kabupaten - pedagang pengumpul luar kota - pengecer - konsumen. Margin pemasaran yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran I yaitu dengan nilai efisiensi sebesar 71,6%    lebih kecil dibandingkan dengan yang terdapat pada saluran II, yaitu sebesar 81,8%.

Author Biographies

Prajaka Sembiring, Universitas Malikussaleh

Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian

Murdani Buenbueleun, Universitas Malikussaleh

Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian

Muhammad Authar ND, Universitas Malikussaleh

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian

Downloads

Published

2021-08-09

Issue

Section

Articles