ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN AYAM KAMPUNG DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA (Studi Kasus: Tigo Putra Farmer)

Noni Novarista, Roni Jarlis, Tilta Marna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pendapatan usaha peternakan ayam kampung pada Tigo Putra Farmer. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2021-April 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari hasil wawancara dengan responden, pengamatan secara langsung di lokasi penelitian dan dokumentasi data berupa gambar. Data sekunder merupakan data tidak langsung yang diperoleh dari BPS, jurnal dan buku literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Biaya produksi Usaha Peternakan Tigo Putra Farmer, yaitu sebesar Rp.61.467.300,-. Penerimaan sebesar Rp.105.600.000,-. Pendapatan sebesar Rp.44.132.700,-. Keuntungan sebesar Rp.6.132.700,- dan R/C Ratio sebesar 1,71. Hal ini menunjukan bahwa Usaha Peternakan Tigo Putra Farmer mengalami keuntungan, karena R/C Ratio > 1 maka usaha ini layak untuk dijalankan.

 

 


Keywords


Ayam Kampung, Budidaya, Usaha Peternakan, Analisis Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Dharmasraya. 2020. Kabupaten Dharmasraya Dalam Angka. Dharmasraya : BPS Kabupaten Dharmasraya.

Bakri, S. 2018. Reforma Agraria dan Dinamika Pergeseran Pola Penguasaan Lahan Sawah Indonesia,Cetakan Pertama. Makassar : Bukuta Cipta Litera.

Darya, G. P. 2019. Akuntansi Manajemen, Cetakan Pertama. Ponorogo, Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Dewanti, R Dan Sihombing, G. 2012. Analisis Pendapatan Usaha Peternakan Ayam Buras (Studi Kasus Di Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan). Ejurnal. Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret:Surakarta.

Fuad, M.Christin, H. Nurlela, Sugiarto, Paulus, Y. E. F . 2006. Pengantar Bisnis, Cetakan Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..

Harianto, B. 2017. Usaha 10 Ternak Paling Potensial. Jakarta : Penebar Swadaya Grup.

Hendriyanto, W. 2019. Panduan Beternak & Berbisnis Ayam Kampung, Cetakan Pertama. Yogyakarta:Laksana

Ichan, R. N. Nasution, L. Dan Sinaga, S. 2019. Studi Kelayakan Bisnis (Business Feasibility Study), Cetakan Pertama. Medan: Cv Sentosa Deli Mandiri.

Krista, B dan Harianto, B. 2010. Buku Pintar Beternak & Bisnis Ayam Kampung, (Bag 1) Volume 1 Dari Buku Pintar Beternak & Bisnis Ayam Kampung. Jakarta: Agromedia.

Martawijaya, E. I. 2020. Bisnis Ayam Kampung Sehat Dilahan Sempit. Jakarta: Pt Alex Media Komputindo.

Matheus, R. 2019. Skenario Pengelolaan Sumber Daya Lahan Kering : Menuju Pertanian Berkelanjutan. Yogyakarta : Deepublish.

Nur, S. W. 2020. Akuntansi Dasar: Teori dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Makassar: Cendekia Publisher.

Rasyaf, M. 2010. 6 Kunci Sukses Beternak Ayam Kampung. Jakarta: PT Niaga Swadaya.

Ridwan. 2021. Tingkat Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Menjalin Kerukunan Umat Beragama. Pasaman Barat, Sumatera Barat: CV Azka Pustaka.

Subandriyo. 2016. Pengaruh Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendapatan Petani Kakao di Kabupaten Jayapura, Ed. 1, Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish.

Sujionohadi, K dan Setiawan, A. I. 2016. Beternak Ayam Kampung Petelur. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Suryanto ,T Dan Kurniawan, R. 2018. Ayam Kampung Joper Panen 0 Hari. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Yaman, M. A. 2010. Ayam Kampung Unggul,Cetakan 1. Jakarta: PT Niaga Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v8i2.13468

Article Metrics

 Abstract Views : 105 times
 PDF Downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Noni Novarista, Roni Jarlis, Tilta Marna

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh