ANALISIS KELAYAKAN USAHA BAKPIA KACANG HIJAU PADA UMKM C’BAKPIA DI KECAMATAN SUMBERBARU KABUPATEN JEMBER

Silviani Silviani, Nanda Ayu Artiani, Fadillah Maharani

Abstract


Agroindustri merupakan suatu industri yang melakukan pengolahan hasil dari sektor pertanian menjadi suatu produk yang dapat menghasilkan nilai. Salah satu agroindustri UMKM yang mengolah kacang untuk dijadikan olahan kue bakpia yaitu C’Bakpia. Kabupaten Jember sendiri produsen kue bakpia cukup banyak, sehingga menjadi masalah tersendiri untuk memasarkan produknya. Dengan demikian, diperlukan adanya analisis kelayakan pada UMKM C’Bakpia  apakah layak atau tidak untuk dilanjutkan. Metode penelitian yang dipakai menggunakan metode wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa UMKM C’Bakpia layak untuk diusahakan. Hal tersebut bisa dilihat berdasarkan hasil perhitungan R/C Ratio, B/C Ratio, dan BEP yang memenuhi kriteria pengambilan keputusan yakni R/C Ratio diperoleh hasil 1,52 (1,52 > 1), B/C Ratio diperoleh hasil 0,52 (0,52 > 0), BEP unit diperoleh hasil 10.253 unit/tahun dan BEP harga diperoleh hasil Rp. 111.905.034/tahun.


Keywords


Agroindustri, Kacang Hijau, Pendapatan, dan Analisis Kelayakan

Full Text:

PDF

References


Arnold, P. W., P. Nainggolan, dan D. D. (2020). Analisis kelayakan usaha dan strategi pengembangan industri kecil tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. Ekonomi Pembangunan, 2(1).

Danialaz. (2021). Budidaya Kacang Hijau dan Peluang Bisnisnya. Elementa Media.

Ibrahim, J. T. (2020). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Khusaini, M., K. Ashar, dan G. M. (2021). Manajemen Belanja Daerah. UB Press.

Priadana, S., dan D. S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Ratnasari, D., Y. Dewi, dan H. Fajarini, dan D. N. (2021). Potensi kacang hijau sebagai makanan alternatif penyekit degeneratif. Abdi Masyarakat, 1(2).

Tama, I. P., R. Yuniarti, A. Eunike, W. Azlia, dan I. H. (2019). Model Supply Chain Agroindustri di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Utomo, M. W., dan S. N. Q. (2021). Anilisis Usahatani Hidroponik Sawi Hijau Di Desa Jatigedong Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Widyaningsih, M., Y. A. Argata, dan M. C. U. (2021). Angka lempeng total bakpia kacang hijau di Kecamatan Mojokerto, Kediri. Biology Science & Education, 10(1).

Yusuf, M. (2014). Analisa Break Event Point (BEP) terhadap laba perusahaan. Bisnis Dan Manajemen, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v8i2.12697

Article Metrics

 Abstract Views : 116 times
 PDF Downloaded : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Silviani Silviani, Nanda Ayu Artiani, Fadillah Maharani

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh