ANALISIS PERANAN PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN LEMON DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT SEMESTA AGRO INDONESIA

Ananti Yekti

Abstract


Melihat potensi budidaya lemon di Kabupaten Banyumas yang tinggi membuat pemilik PT Semesta Agro Indonesia memilih lemon sebagai komoditas utama yang digelutinya. Namun, usaha lemon california tidak semudah yang dibayangkan. Adanya lemon impor dengan harga yang dibanting, menyebabkan penurunan harga lemon california, khususnya lemon grade C dan lemon ungrade. Dengan adanya hal tersebut, PT Semesta Agro Indonesia membuat sebuah solusi dengan mengolah lemon tersebut menjadi olahan lemon kering atau dried lemon, dan ekstrak lemon. Penelitian ini membahas tentang upaya pengembangan yang dilakukan perusahaan serta mengetahui dan menganalisis peranan pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengidentifikasi upaya pengembangan produk yang dilakukan pada PT Semesta Agro Indonesia serta untuk mengetahui dan menganalisis peranan pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan pada PT Semesta Agro Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juli tahun 2023 di PT Semesta Agro Indonesia dengan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan perhitungan laju perkembangan penjualan untuk melihat peningkatan penjualan produk dari tahun 2021-2022, dan kemudian dilakukan perhitungan perbandingan dari segi pendapatan harga dan dari segi penggunaan bahan baku di setiap bulannya. Hasil penelitian ini menujukan bahwa peranan pengembangan produk olahan buah lemon dalam usaha meningkatkan volume penjualan belum terlaksana dengan baik, untuk produk yang memiliki peranan penjualan paling tinggi adalah produk buah lemon.


Keywords


Olahan Lemon, Pengembangan Produk, Meningkatkan Volume Penjualan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. CV Alfabeta.

Arief. (2014). Total Marketing. Yogyakarta. Kobis.

Cuciana, Titik. (2021). Analisis Peranan Pengembangan Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan UD. Widagdo Rahayu Pacitan. Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Marina, Resi. (2021). Analisis Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Furniture Pada CV. Dua Putri Di Tanjung Raman Prabumulih. Sumatra Selatan. STIE Prabumulih. Vol,2. Hal,204.

Marwanto. (2014). Rekayasa Alat Pemeras Air Jeruk Siam dengan Sistem Ulir. Sambas. POLTESA.

Henry. (2011). Studi Pengembangan Produk Oat Drink Berbasiskan Oat Bran dengan Metode Quality Function Deployment (QDF). Semarang. Universitas Katolik Soegijapranata.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung. PT Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Wulandari, Putri. (2020). Analisis Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Jakoz Oleh-Oleh Khas Jambi. Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v9i1.12389

Article Metrics

 Abstract Views : 22 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ananti Yekti

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh