PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI PADI SAWAH OLEH PENYULUH PERTANIAN DI DESA SIDOREJO KECAMATAN GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL

Nazariah Nazariah, Fakhrizal Fakhrizal, Setia Budi

Abstract


Obyek penelitian ini adalah petani padi sawah yang menjadi anggota kelompok tani yang dibina oleh penyuluh pertanian di Desa Sidorejo Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penyuluh pertanian mengembangkan kelompok tani padi sawah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Beberapa item pertanyaan disusun dalam kuesioner dan setiap pertanyaan diberi skor yang akan di pilih oleh responden. Hasil penelitian yaitu dalam mengembangkan kelompok tani di Desa Sidorejo Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil penyuluh pertanian berperan motivator, komunikator, edukator dan organisator.


Keywords


Peran, Penyuluh, Petani dan Padi Sawah

Full Text:

PDF

References


Ban, A.W.van den. 2009. Penyuluhan Pertanian. Edisi Revisi. Penerbit : Kasinius. Yogyakarta.

Dendegau, M. M., Ruauw, E., Benu, O. L. S., & Lorraine, W. T. 2014. Persepsi Petani Sayuran Dataran Tinggi Terhadap Pestisida Organik di Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur. COCOS, 4(2).

Hidayatullah, K. H. 2014. Analisis Klaster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 2(1).

Jasmal. 2007. Memberdayakan Kelompok Tani. Yogyakarta.

Mahesa, D., & Djastuti, I. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Moderating (Studi pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia (Central Java). Universitas Diponegoro.

Mardikanto, T. 2009. Sistem penyuluhan pertanian. Diterbitkan atas Kerja sama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPT.

Martina, & Praza, R. (2020). Identifikasi Pelaksanaan Metode Penyuluhan Pertanian pada Petani Padi Sawah di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Agrifo, 5(1), 1–12.

Nisak, Z. 2013. Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468–476.

Permadi, P. C. 2014. Pengaruh citra merek terhadap word of mouth dan keputusan pembelian (Survei pada konsumen Dapoer Mie Galau Jalan Selorejo 83 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).

Pertanian, D. 2013. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 82/Permentan/OT. 140/8/2013.

Setiana, L. 2005. Teknik penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suwandhi, I. A. 2006. Pengertian, Fungsi, dan Cakupan Administrasi Penyuluhan Pertanian.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v6i2.11906

Article Metrics

 Abstract Views : 127 times
 PDF Downloaded : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nazariah Nazariah, Fakhrizal Fakhrizal, Setia Budi

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh