INOVASI KEMASAN DAN PEMASARAN UKM KERUPUK PATTOLA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA GADINGSARI
Abstract
Desa Gadingsari terletak di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso, desa ini berpotensi besar di sektor pertanian karena sumber mata air melimpah dan terdapat Usaha Kecil Menengah (UKM) yaitu UKM kerupuk pattola. Pengemasan dan jangkauan pasar yang kurang luas menjadi permasalahan UKM kerupuk pattola. Tujuan penelitian adalah memperbaiki dan mengembangkan kemasan maupun pemasaran untuk meningkatkan pendapatan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengambilan datanya menggunakan data primer dan sekunder. Kegiatan survei tempat, observasi, tanya jawab, dan dokumentasi untuk mendapatkan data primer. Instrumen data primer berupa pedoman wawancara, alat tulis, dan perlengkapan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari kajian pustaka. Solusi permasalahan melalui inovasi pengemasan dan pemberian label produk, sedangkan inovasi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial dan mengikuti Car Free Day. Berdasarkan hasil penelitian, setelah penerapan inovasi kemasan dan pemasaran untuk perbaikan produk dilakukan perbandingan pendapatan sebelum dan setelah inovasi dengan menggunakan analisis pendapatan dan benefit/cost ratio. Pendapatan sebelum inovasi Rp110.920, sedangkan setelah inovasi Rp260.060 dengan hasil analisis B/C Ratio sebesar 3,23 > 1. Jadi, setelah adanya inovasi kemasan ddan pemasaran tersebut UKM kerupuk pattola mengalami peningkatan pendapatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cyasmoro, V. & Talumantak, R. (2021). Inovasi pemasaran dan inovasi kemasan produk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Pasar Lama Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10565-10577.
Elwisam & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif, dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 2(4), 278-279.
Ilahi, M. K., Wahyuni, S., & Usman, Y. (2019). Analisis perbandingan pendapatan dan keuntungan usahatani minapadi dengan padi konvensional di Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. JOSETA: Journal of Socio Economic on Tropical Agriculture, 1(1), 18-27.
Ishak & Suriyok, K. (2022). Pengaruh kreasi dan inovasi terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil menengah. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 29-34.
Manambing, A., Mandey, S., & Tielung, M. V. J. (2018). Analisis pengaruh orientasi pasar dan keunggulan bersaing kinerja pemasaran (Studi kasus UMKM Kuliner Tinutuan di Manado). Jurnal EMBA, 4(6), 3803-3805.
Marhawati. (2022). Analisis perbandingan pendapatan usahatani padi organik SRI (System of Rice Intensification) dan padi anorganik di Kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3(2), 354-355.
Mustamim, M., Ula, L. F., & Widyastutik, L. (2020). Inovasi dan strategi pemasaran produk industri kecil di era new normal. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-22.
Rashin, M. A. & Ghina, A. (2018). Identifikasi inovasi dan kinerja bisnis dalam meningkatkan daya saing. Jurnal Penelitian Pendidikan., 1(1), 213-219.
Sari, N. P. (2021). Analisis komparatif strategi pemasaran online dan offline pada UMKM Rengginang Umi Tegal. [Skripsi]. http://eprints.poltektegal.ac.id/697/.
Setyandari, W. A., Darsan, Magr, & Su’udi, D. (2018). Analisis perbandingan usahatani kedelai (Glycine max L) varietas Grobogan dengan sistem tanam tugal dan sistem tanam sebar. Jurnal Agribisnis dan Pertanian Berkelanjutan, 3(2), 13-18.
Stekom. (2022). Gadingsari, Binakal, Bondowoso. URL: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Gadingsari,_Binakal,_Bondowoso. Diakses tanggal 15 Februari 2023.
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (deskriptif kuantitatif) motivasi belajar siswa dengan model blended learning di masa pandemi Covid-19. Kadigma, 13(1), 68-73.
Sumaraw, V., Benu, O. L. S., & Rengkung, L. R. (2023). Analisis pendapatan usahatani jagung di Desa Pinaesaan Kecamatan Tompasobaru Kabupaten Minahasa Selatan. AGRI-SOSIOEKONOMI, 19(1), 79-80.
Susanto, H. (2020). Pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap keberhasilan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah. E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan), 5(2), 10-21.
Widayati, K. D. (2018). Implementasi SWOT strategi pemasaran online dan offline pada PT Roti Nusantara Prima cabang Jatiasih, Bekasi. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 2-5.
Yuliani, R. & Widyakanti. (2020). Peningkatan penjualan melalui inovasi kemasan dan label pada UKMK. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71-74.
Zulkifli, L., Sasmitha, L. D., Qomaria, A., Nurhandayani, D., Pangestuti, F. D., Ghurfah, A., Arya, L. R., Rahayu, D., Habib, L., Setiawati, N., Nurmasita, Juliansyah, M. R., Fitrianingsih, & Musmiawati, R. (2021). Pemberdayaan UMKM melalui inovasi rasa, pengemasan, serta pemasaran guna meningkatkan daya saing “kripik singkong” Desa Langko di era industry 4.0. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 140-144.
DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v8i1.11454
Article Metrics
Abstract Views : 614 timesPDF Downloaded : 305 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Uswatun Hasanah, Indah Winarti, Diva Rosa Abelinda Puteri