Upaya Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Kerajinan Bordir Aceh Di Kabupaten Aceh Utara

Hafni Zahara

Abstract


Penelitian  ini  berjuan  untuk  mengetahui  Upaya  pengembangan  usaha ekonomi  kreatif  kerajinan  bordir  Aceh  dalam  bidang  produksi,  pemasaran,  dan kemampuan  beradaptasi  dengan  pasar yang  dilakukan  oleh  pengusaha  kerajinan bordir di Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode survey, dan penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di Kabupaten Aceh Utara. Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  observasi,  wawancara  dan  studi  literatur. Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam pengembangan produk, pengusaha ekonomi kreatif kerajinan bordir Aceh selalu melakukan inovasi dalam menciptkan produk  baru  dan  melakukan  pengontrolan  terhadap  kerapian  bordir  juga  kualitas barang.  (2)  Selanjutnya  dalam  bidang  promosi  dan  pemasaran,  pengusaha melakukan  kegiatan  promosi  barang  secara  online  melalui  media  sosial  seperti instagram  dan  facebook.  Promosi  juga  dilakukan  dengan  cara  mengikuti  bazar, pelatihan  dan  pameran  yang  dilaksanakan  oleh  berbagai  instansi  baik  pemrintah maupun  swasta.  (3)  pada  pengembangan  kemampuan  dalam  beradaptasi  dengan pasar,  pengusaha  mampu  menciptakan  produk  yang  sesuai  dengan  keinginan konsumen. Pengusaha mampu menciptakan produk yang kreatif dan inovatif juga bersifat kekinian, misalnya tas bola atau round bag, alas meja motif bordir Aceh, dan kotak hantaran yang bermotif bordir Aceh.

Keywords


upaya pengembangan usaha, kerajinan bordir Aceh, ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


Ahyani R, Urip W, Wahyuningsih U. 2012. Upaya Pengembangan Usaha Kerajinan Bordir. Jurnal Fashion and Fashion Edication Journal (FFEJ) volume 1 Tahun 2012. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Alex, Koutsoris. 2008. Innovating Towards Sustainable Agriculture: “A Greek case Study Department of Agricultural Economics and Rural Development, Agricultural University of Athens, Greece.” The journal Agricultural Education and Extension Publication details, including instructions. For: http://www.informaworld.com/smpp. [diunduh: 15 Desember 2013]

[DEPDAG] Departeman Perdagangan. 2008. Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Buku 1 Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015. Jakarta: Depdag.

Hubeis AVH. 2010. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. Bogor: IPB Press

Toffler A. 1987. Kejutan dan Gelombang. Dra Sri Koefdiyantinah SB, penerjemah. Jakarta: Terjemahan dari Previews and Premises.

Zahara, Hafni. 2013. Kapasitas Perempuan dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Kerajinan Bordir Aceh. [Tesis]. Bogor. Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v1i1.1078

Article Metrics

 Abstract Views : 913 times
 PDF Downloaded : 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Hafni Zahara

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh