FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA USAHA PETERNAKAN AYAMM BROILER DI KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN DELI SERDANG

Devi Andriyani, Jefri Pratama Lingga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi laba usaha peternakan ayam broiler di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang. data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kuantitatif, dimana telah dilakukan wawancara tanya jawab melalui penyebaran kuisioner terhadap responden, yaitu peternak ayam bloiler di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang, sebanyak 61 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling sebagai metode pengumpulan sampel penelitian. Kemudian menggunakan data sekunder dari pihak kedua (Dinas Pertanian) sebagai data observasi awal dalam penelitian ini. metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen adalah dengan metode regresi linear berganda selanjutnya hasil uji t menunjukan luas kandang, bibit dan pakan berpengaruh terhadap laba usaha peternakan ayam broiler, dan berdasarkan hasil uji f  berpengaruh secara kuat dan signifikan terhadap laba usaha peternakan ayam bloiler di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang.


Keywords


laba usaha, luas kandang, bibit dan pakan

Full Text:

PDF

References


Dharmawan, R., Prayogi, H. S., & Nurgiartiningsih, V. M. A. (2005). Penampilan produksi ayam pedaging yang dipelihara pada lantai atas dan lantai bawah, 26(3), 27–37.

Ghozali. (2007). Penelitian Kuantitatif. 6-10.

Jamaika, P., Ilmu, J., Dan, E., Pembangunan, S., Ekonomi, F., & Jember, U. (2014). Analisis faktor yang mempengaruhi pendapatan pengusaha mebel di kecamatan leces kabupaten probolinggo.

Kasus, S., Pete (2017). ANALISIS USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PEDAGING ( BROILER ) DENGAN POLA KEMITRAAN, 1–10.

Magetan, N. K. (2016). faktor-faktor yang mempengruhi laba usaha peternakan ayam broiler di kabupaten bandung, 18(1).3-10

Osburn (2017). Analisis Pendapatan Peternak Mitra Terhadap Pelaksanaan Kemitraan Ayam Broiler (Kasus Kemitraan PT. Cemerlang Unggas Lestari, Semarang), 3(1).

Ponaryo (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan wanita pada usaha lemang dan kontribusinya pada pendapatan keluarga di kota tebing tinggi, 1–15.

Rachmawati, (2017). Meningkatkan produksi ayam pedaging melalui pengaturan proporsi sekam, pasir dan kapur sebagai litter., 38–45.

Sugiyono. (2006). uji asumsi klasik. 4-10.

Umam, (2015). THE PERFORMANCE OF BROILER REARING IN SYSTEM STAGE FLOOR AND, 24(3), 79–87.

Usahatani, (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Pinang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, (1), 61–65.

Widarjono. (2008). uji asumsi klasik. 3-10.




DOI: https://doi.org/10.29103/jepu.v2i2.926

Article Metrics

 Abstract Views : 333 times
 PDF Downloaded : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Devi Andriyani, Jefri Pratama Lingga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Stat Counter

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.