PENGARUH PRODUKSI, LUAS LAHAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI KARET DI DESA BUKIT HAGU KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA

Agung Riyono, Hijri Juliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produksi, luas lahan dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan petani karet di Desa Bukit Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara membagikan kuesioner kepada 60 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Eviews. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan produksi, luas lahan dan tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan petani karet di Desa Bukit Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Secara parsial hanya produksi dan luas lahan yang berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani karet di Desa Bukit Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Sedangkan variabel tingkat pendidikan tidak signifikan namun berpengaruh positif terhadap pendapatan petani karet di Desa Bukit Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.


Keywords


Produksi, Luas Lahan, Tingkat Pendidikan, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Ali, Jonni, Arman Delis, dan Siti Hodijah. 2015. “Analisis Produksi Dan Pendapatan Petani Karet Di Kabupaten Bungo.” 2(4): 201–8.

Badan Pusat Statistik. 2017. “Kabupaten Aceh Utara Dalam Angka.” : Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Utara.

Daniel, Moehar. 2002. “Pengantar Ekonomi Pertanian.” Jakarta: Bumi Aksara.

Devi, Charitin. 2015. “Analisis Pendapatan Perkebunan Karet Di Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin.” EFEKTIF Jurnal Bisnis dan Ekonomi 6(2) 6(2): 37–48.

Ghozali, Imam. 2012. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Eviews.” UNDIP: Semarang.

Gustina, Desi. 2014. “Pengaruh Luas Lahan Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Desa Pulau Ingu Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi.” : 1–8.

Hidayati, Iis Wahyu Nur. 2017. “Analisis Pengaruh Luas Lahan, Jumlah Produksi, Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Petani Padi Di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten (Studi Kasus Di Desa Sribit).” E-Jurnal EP Unud 2(5): 1–17.

Husinsyah. 2014. “Kontribusi Pendapatan Petani Karet Terhadap Pendapatan Petani Di Kampung Mencimai.” E-Jurnal EP Unud 3(1): 9–20.

Mawardati. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Pinang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara.” Agrisep 16(1): 61–65.

Nasution, Rusdiah. 2008. “Pengaruh Modal Kerja, Luas Lahan Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Tani Nenas (Study Kasus Desa Purba Tua Baru Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun).” : 1–9.

Putra, Okky Rio Andika. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Batu (Studi Kasus Minuman Sari Apel Di Kota Batu).” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5(7): 1–12.

Yulianti, Ansofino, Jolianis. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Masyarakat Transmigrasi Di Trans Sakato Jaya Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.” : 1–9.




DOI: https://doi.org/10.29103/jepu.v1i2.522

Article Metrics

 Abstract Views : 2874 times
 PDF Downloaded : 419 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agung Riyono, Hijri Juliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Stat Counter

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.