Fungsi Komunikasi Lintas Budaya dalam Konflik Agama Masyarakat Perbatasan Aceh

Muji Mulia, Muhajir Al-Fairusy, Zulfatmi Zulfatmi, Zakki Fuad Khalil

Abstract


Abstract: This study discussed socio-religious events at the Aceh border. The border is defined as the boundary line between Aceh which uphold Islam as its identity with the neighboring province which has multiculturalism as its identity. The border is a melting pot for various ethnic and religious groups which formed their distinctive identity. Cross-cultural communication is become necessary to reduce religious conflict that has emerged for a long time. This study asks this question: why cross-cultural communication is important for Acehnese border communities. This study used a qualitative method with an ethnographic approach to understanding the identity awareness of people who have diverse identities. Strengthening cross-cultural communication can be categorized as a form of social engineering in the context of the integration of Acehnese border communities. The study showed that religious conflicts on the Aceh border, especially at the Singkil Regency, which have occurred since 1979 and peaked in 2015 were triggered by the state of identity politics. Religious theological nuances were massively involved in the conflict and contestation, this attitude showed the legitimacy of political interests. Historically, the people of Singkil came from one ancestor with the same clan. Community integration can only be done through culture-based communication as the glue of social relations. Cross-cultural forms of communication could be found in public spaces such as traditional markets and local community weddings.

Abstrak: Studi ini mendiskusikan peristiwa sosial keagamaan di perbatasan (border) Aceh. Perbatasan mengandung makna garis batas, antara Aceh yang menjunjung Islam sebagai identitas dengan provinsi tetangga yang multikultur. Kawasan ini menjadi titik pertemuan ragam etnis dan agama yang membentuk identitas tersendiri. Komunikasi lintas budaya dalam rangka meredam konflik agama yang telah lama muncul menjadi keniscayaan. Studi ini beranjak dari pertanyaan mengapa komunikasi lintas budaya penting bagi masyarakat perbatasan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk memahami kesadaran identitas masyarakat yang memiliki identitas beragam. Penguatan komunikasi lintas budaya dapat dikategorikan sebagai bentuk rekayasa sosial dalam konteks integrasi masyarakat perbatasan Aceh. Hasil penelitian menunjukkan jika konflik agama di perbatasan Aceh, khususnya Kabupaten Singkil yang terjadi sejak tahun 1979 dan puncaknya pada tahun 2015 dipicu oleh keadaan politik identitas. Nuansa teologis keagamaan dilibatkan secara masif dalam konflik dan kontestasi tersebut, sikap ini menunjukkan adanya legitimasi kepentingan yang bersifat politis. Realitas sejarah, masyarakat Singkil berasal dari satu nenek moyang dengan marga yang sama. Integrasi masyarakat hanya bisa dilakukan melalui komunikasi berbasis budaya sebagai perekat hubungan sosial. Bentuk komukasi lintas budaya dapat ditemui di ruang publik seperti pasar tradisional dan acara pesta perkawinan masyarakat setempat.


Keywords


Fungsi; Komunikasi Lintas Budaya; Masyarakat Perbatasan Aceh

Full Text:

PDF

References


Abdul Djamal Soamole. (1982). Agama Suatu Teori Sekuler (terj) . Erlangga.

Azra, A. (1999). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Mizan.

Bachtiar Effendy. (2001). Isu- Isu Politik Kontemporer. Ciputat Press.

Creswell, J. W. (2010). Research Design ; Pendekatan Kualiatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga) (Ketiga). Pustaka Pelajar.

Danurahman J. & Prasetyo D. & Hermawan H. (2021). Kajian Pendidikan Multikultural di Era Digital. Kalacakra, 2.

Fairusy, M. al. (n.d.). “MENJADI SINGKEL MENJADI ACEH, MENJADI ACEH MENJADI ISLAM” (Membaca Identitas Masyarakat Majemuk Dan Refleksi Konflik Agama Di Wilayah Perbatasan-Aceh Singkel). Sosiologi USK, Nomor 1, 9(Sosial Budaya), 17–33.

Hendropuspito, OC. (1984). Sosiologi Agama. BPK Gunung Mulia.

James Norman Dalrymple Anderson. (1991). Hukum Islam di Dunia Modern (Terj.). C.V. Amar press.

Jorgensen, D. L. (1989). Participant Observation ; A Methodology for Human Studies. SAGE Publications.

Katalog BPS : 1102001. 1102. (2015). Aceh Singkil dalam Angka 2015 . BPS.

Kurniawan D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 2.

Maswadi Rauf. (2000). Konsensus Politik . Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi.

Paul Rosyadi. (1986). Sosiologi Agama (terj). Aksara Persad.

Pruit Dean, R. J. R. (2004). Teori Konflik Sosial . Pustaka Pelajar.

Ramadhanita Mustika Sari. (2011). Jaring Pengaman Pencegah Konflik:Kasus Masyarakat OKU Timur. Universitas Islam Negeri.

Rex, M. G. and J. (1997). The Ethnicity Reader ; Nationalism, Multiculturalism and Migration. Polity Press.

Robert N. Bellah. (2000). Beyond Belief: Esai-esei tentang Agama di Dunia Modern (terj). Paramadina.

Robert N Bellah Beyond Belief. (1994). Essay on Religion in a Post Traditional World. University of Chicago Press.

Said Agil Husin Al Munawwar. (2005). Fikih Hubungan Antar Agama. Ciputat Press,.

Spradley, J. P. (1997). Metode Etnografi (terjemahan). PT. Gramedia.

Sumardi, M., & Dkk. (1982). Penelitian Agama : Masalah dan Pemikiran. PT. Sinar Agape Press.

Syamsuddin Abdullah. (1997). Agama dan Masyarakat. Logos Wacana Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v6i2.8116

Article Metrics

 Abstract Views : 664 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhajir Al-Fairusy, Muji Mulia, Zulfatmi, Zakki Fuad Khalil

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional