Kehidupan Buruh Tani Perempuan dalam Membantu Perekonomian Rumah Tangga

Cut Intan, Richa Meliza

Abstract


Penelitian ini bertema antropologi ekonomi yang mengkaji tentang kehidupan buruh tani perempuan dalam membantu perekonomian keluarga di Gampong Keude Krueng, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran serta informasi yang mendalam tentang kehidupan buruh tani perempuan di Gampong Keude Krueng. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan fungsional-struktural. Adapun hasil dari penelitian menjelaskan bahwa banyaknya kaum perempuan yang berada di Gampong Keude Krueng memutuskan untuk bekerja sebagai buruh tani dikarenakan tiga faktor utama yaitu: Pertama, faktor ekonomi, dimana penghasilan suami yang tidak mencukupi kebutuhan keluarga. Kedua, faktor pendidikan, dimana rendahnya tingkat pendidikan yang menyebabkan mereka tidak mempunyai keahlian lain. Ketiga, faktor sosial budaya. Keadaan inilah yang menyebabkan para perempuan di Gampong Keude Krueng terjun langsung untuk bekerja di luar rumah guna mendapatkan upah. Para perempuan di Gampong Keude Krueng menjalankan kedua perannya dengan baik tanpa mengesampingkan salah satu perannya baik peran di ranah publik maupun ranah domestik.

Keywords


Peran Perempuan, Buruh Tani, Perekonomian.

Full Text:

PDF

References


Fauzie, Irvan Varis, 2011. Konflik Sosial Dalam Masyarakat : Kebijakan Negara. Online ( http://Vanfauzie.blogspot.com/2011/10/Konflik-Sosial-dlm-masy.html, diakses tanggal 20 Januari 2020).

Femilia septi, at all.2018. Relasi Gender Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Dalam Keluarga Buruh Tani Perempuan Di Kecamatan Panti Kabupaten Jember.Jurnal An-Nisa’, Vol. 11. No 2.

Junaidi, Heri. 2017. Ibu Rumah Tangga: stereotype perempuan pengangguran. Jurnal Kajian Gender dan anak, Vol 12.No. 01.

Moleong,lexy J. 2014. Metodelogi Penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mudzhakat, Anthon. 2006. Wanita Dalam Masyarakat Indonesia, Sunang Kalijga Press,Yogyakarta.

Ngangi, R, Charles. 2016. Modal Sosial Sebagai Srategi Bertahan Hidup Buruh Tani Di Desa Kopiwangker, Kecamatan Langowan Barat, Minahasa. Jurnal Agr-SosialEkonomi, Vol 12. No 2A.

Novia, D. 2015. Marginalisasi Perempuan dalam Pembangunan Pertanian.Prosiding Seminar Interdisiplin Ilmu Pendidikan Bagi Anak Perempuan, Pemberdayaan Perempuan dan Perubahan Sosial dan Lingkungan. Program Magister Kajian Perempuan, Program Pasca Sarjana, Universitas Brawijaya, Malang.




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4604

Article Metrics

 Abstract Views : 961 times
 PDF Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aceh Anthropological Journal

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional