PENYEMBUH TRADISIONAL DI GAMPONG RAWA KECAMATAN TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (Pendekatan Antropologi Kesehatan)

Nelly Afriza

Abstract


Artikel ini menganalisis terkait dengan proses penyembuhan masyarakat gampong rawa yang melakukan pengobatan tradisional. Artikel melihat faktor menyebabkan masyarakat lebih memilih pengobatan tradisional  di Gampong Rawa adalah karena masyarakat menilai pengobatan tradisional adalah pengobatan yang alami. Pengobatan ini berawal dari pengobatan yang menjadi kepentingan yang sangat penting bagi setiap individu dalam sebuah kehidupan yang dimulai dari kepercayaan. Artikel  ini diketahui bahwa fenomena pengobatan tradisional dibagi kedalam sejarah lahirnya pengobatan tradisional, proses pengobatan yang dilakukan, ramuan yang digunakan, perkembangan dan kondisi kesehatan pasien serta alasan pasien lebih memilih berobat pengobatan tradisional. Observasi penyembuhan pengobatan Nek Cut merupakan pandangan masyarakat tentang pengobatan tradisional yang sanga terbantu dan terpercaya. Terbukti banyak masyarakat Gampong Rawa sampai saat ini datang dan percaya dengan pengobatan tradisional Nek Cut, bahkan tidak hanya masyarakat sekitar saja yang berobat, tetapi masyarakat luar Gampong Rawa pun banyak yang datang. Untuk memperoleh data yang sesuai dengan topik permasalahan “Penyembuha Tradisonal di Gampong Rawa Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara”. Artikel in menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi non partisipatif, wawancara terstruktur dan mendalam, literature dan dokumentasi. Observasi dan wawancara: akan dilakukan selama satu bulan, serta pengeditan skripsi dilakukan selama satu bulan. Analisis data dilakukan sebelum penelitian, selama waktu proses dilapangan bersamaan dengan pengumpulan data.Hasil artikel ini menunjukkan bahwa pengobatan tradisional di Gampong Rawa Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat dan fenomena terhadap pengobatan tradisional di Gampong Rawa Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara yang dilakukan oleh Nek Cut. 


Full Text:

PDF

References


Buku

Achmadi, Umar Fahmi, 2013. Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Adisasmito, Wiku, 2008. Sistem Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Foster/Anderson, 1986. Antropologi Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)

Goode, William J; Paul K. Hatt, 2006. Methods In Social Research. New Delhi: Surjeet Publication.

Lapau, Buchari & Saifuddin, Achmad Fedyani, 2015. Epidemiologi & Antropologi (Suatu Pendekatan Integratif Mengenai Kesehatan. Jakarta: Prenamedia Group

Notoatmodjo, Soekidjo, 2011. Kesehatan Masyarakat, Ilmu& Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2010. Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparni, Ibunda & Wulandari, Ari, 2012. Herbal Nusantara. Yogyakarta: Andi

Setiadi, Elly M; H. Kama A. Hakam; Ridwan Effendi, 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta Putra Grafika : Kencana

Zainuddin, Muhammad, 2012. Analisa Budaya Pengobatan Masyarakat Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Jurnal dan Skripsi

Baihaqi, 2016. Pengobatan Penyakit: Studi Antropologi di Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara. Universitas Malikussaleh Lhoksemawe..

Kartasapoetra, 1992. Dalam Nursiyah, Studi Deskriptif Tanaman Obat Tradisional Yang Digunakan Orang Tua untuk Kesehatan Anak di Gugus Melati Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo, (Penerbit: Universitas Negeri Semarang, 2013), Hlm.3.

Lifawati, 2015. Praktik pengobatan tradisional bibi pada masyarakat Desa pagergunung kecamatan wanayasa kabupaten Banjarnegara Universitas Negeri Semarang.

Novlisa, 2016. Pengobatan Tradisional Alternatif Dalam Kehidupan Masyarakat. Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

Rahmadewi, 2009. Dalam Muhammad Irfan Syuhudi, dkk, Etnografi Dukun: Studi antropologi tentang praktik pengobatan dukun Di kota makassa, (Penerbit: Universitas Negeri Hasanuddin, Makassar: 2012), Hlm.3.

Darwin, 1997. Pengobatan Tradisional Mandailing: Suatu Studi Antropologi Kesehatan di Desa Patialo, Kecamatan Kotanopan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Siswanto, 1997. Dalam Nursiyah, Studi Deskriptif Tanaman Obat Tradisional Yang Digunakan Orang Tua untuk Kesehatan Anak di Gugus Melati Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo, (Penerbit: Universitas Negeri Semarang, 2013), Hlm.3.

Profil Desa Rawa, 2016-2021. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong (RPJMG).

Website

Fransiskus Samuel Renaldi, https://sites.google.com/site/fransiskussamue renaldi/my-notes-on,introductionsto-information-technology/art pengobatan, diakses 26 Maret 2017.

http://www.idmedis.com/2014/12/perbedaan-antara-pengobatan-tradisional pengobatan-modern.html, di akses 26 Maret 2017).




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v1i1.358

Article Metrics

 Abstract Views : 2215 times
 PDF Downloaded : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nelly Afriza

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional