PROBLEMATIKA DI BALIK PROSES RELOKASI KORBAN BENCANA DI SITI AMBIA

Juhaina Juhaina, T. Kemal Fasya, Ade Ikhsan Kamil

Abstract


Bencana alam selalu memunculkan dampak pembangunan baru di wilayah tertentu. Pembangunan dikonsepsikan sebagai usaha untuk kemajuan ekonomi yang berarti keluar dari zona kemiskinan. Masyarakat harus saling mendukung dalam hal pembangunan, karena masyarakat menentukan keadaan sosial dan pembangunan suatu negara. Dari dampak bencana gempa yang ditimbulkan maka muncullah pembangunan daerah pascabencana untuk memulihkan kembali luka mayarakat. Namun, masyarakat terlihat gagap terhadap pembangunan tersebut, hal ini dapat dilihat dari tingkah laku masyarakat yang lebih memilih kembali ke lokasi awal bencana daripada menempati relokasi bantuan. Penelitian ini mengambil tema pembangunan pasca bencana, dengan pendekatan Antropologi Pembangunan. Studi Antropologi Pembangunan yang digunakan mengangkat judul “Rekonstruksi Kampung Siti Ambia Pascabencana” (Studi Antropologi Pembangunan di Kampung Siti Ambia, Kecamatan Singkil, Kabuaten Aceh Singkil). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah jenis sosial kualitatif. Kampung Siti Ambia adalah salah satu Kampung di Kecamatan Singkil yang terkena bencana gempa pada 28 Maret 2005. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua sumber data yakni, data primer dan data sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa masyarakat lebih memillih kembali ke tempat semula daripada menempati lokasi bantuan. Padahal lokasi bantuan jauh lebih baik daripada lokasi semula yang mereka tinggali. Dengan penelitian ini penulis berharap akan menambah wawasan mengenai pembangunan pasca gempa dalam studi Antropologi Pembangunan, serta memberi pandangan mengenai pembangunan terhadap masyarakat.

Keywords


Antropologi Pembangunan; Pasca Bencana; Rekonstruksi

Full Text:

PDF

References


Chambers, Robert. 1983. Pembangunan Desa Mulai Dari Belakang, Jakarta: LP3ES.

Hasan, Muhammad dan Muhammad Azis. 2018. Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat ; Strategi Pembangunan Manusia Dalam Perspektif Ekonomi Lokal, Makassar: CV. Lina.

https://web.bpbd.jatimprov.go.id/Kebijakan-Bidang-Rehabilitasi-Rekonstruksi-Pasca-Bencana/.

Klein, Naomi. 2007. Shock Doctrine ; The Rise of Disaster Capitalism. Random House of Canada. Canada.

Lidya Christin Sinaga. 2013. “Problematika Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Studi Kasus Pasca Bencana Tsunami Mentawai 2010”. Jurnal Penanggulangan Bencana, Vol. 4, No 1.

Moleong, Lexy J. 2014, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT, Remaja Rodaskarya.

Murray Li, Tania. 2012. The Will To Improve “Perencanaan, Kekuasaan, dan Pembangunan Indonesia”, Tanggerang Selatan: PT. Wahana Aksi Kritika.

Siahaan, N. H. 2004. Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan (Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v3i1.2788

Article Metrics

 Abstract Views : 278 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aceh Anthropological Journal

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional