BELANJA “ONLINE” SEBAGAI CARA BELANJA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kajian Budaya Di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh)

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Artikel ini membahas tentang belanja online di kalangan mahasiswa. Lokasi artikel ini adalah di kampus Bukit Indah, Universitas Malikussaleh. Faktor-faktor dominan yang menyebabkan pemilihan cara berbelanja secara online yaitu karena adanya faktor kebutuhan dan faktor prestige, selanjutnya dalam berbelanja secara online sebagian mahasiswa berperilaku konsumtif karena lebih cenderung mengkonsumsi nilai tanda atau prestige. Hal tersebut membuktikan bahwa teori masyarakat konsumsi Baudrillard dialami oleh para informan. Mereka dalam memilih cara berbelanja secara online memiliki intended meaning (makna yang dimaksudkan) kepada suatu objek yang dituju dan dalam kegiatan belanja secara online banyak mengkonsumsi nilai tanda daripada nilai guna. Metode analisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang melihat fenomenalogis yang terdiri atas observasi dan wawancara mendalam pada mahasiswa Unimal yang aktif belanja online. Observasi untuk melihat fenomena belanja online di kalangan mahasiswa Universitas Malikussaleh dan mengetahui faktor yang mendorong mahasiswa Unimal memilih cara belanja dengan menggunakan online. Hasil artikel ini menunjukkan bahwa bentuk gaya hidup konsumtif mahasiswa dalam berbelanja secara online meliputi dua nilai yang sangat menonjol yaitu simulakra dan nilai tanda.

Full Text:

PDF

References


Baudrillard, Jean. 2004. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Kencana.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Koentjaraningrat. 1990. Sejarah Teori Antropologi II. Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, J. Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetiyo, Ristiyanti dan John J. O. I lhalauw. 2005. Perilaku Konsumen,Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sairin, Syafri. 2002. Pengantar Antropologi Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Storey, John. 2008. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop.Yogyakarta & Bandung: Jalasutra.

Szompka, Piotr. 2010. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyanto, Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Aceh Anthropological Journal Volume 1 No. 2 Edisi April 2017

Diana, Riska Nur. 2016. Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu

Sosial Dan Hukum Unesa Akibat Adanya Online Shop Jilbab, Jurnal Kajian

Moral dan Kewarganegaraan: Vol. 02 No. 04 http://ejournal.unesa.ac.id/article/19176/41/article.pdf (Diakses pada

tanggal 10 September 2016).

Murdani, 2016. Harun Square Dan Gaya Hidup Kawula Muda” (Studi Budaya Konsumerisme Di Kota Lhokseumawe), Skripsi. FISIP UNIMAL.

Mursalin, Andi. 2016. Gadget Dan Gaya Hidup Anak Band (Studi Kasus Di

Kota Lhokseumawe). Skripsi. FISIP UNIMAL.

Novitasani, Latifah. 2014. Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa Urban Di Unesa, Jurnal Paradigma: Vol. 02 No. 03 http://ejournal.unesa.ac.id/article/12122/39/article.pdf, (diakses pada tanggal 15 September 2016).

Suhari, Yohanes. 2008. Keputusan Membeli Secara Online dan FaktorFaktor yang mempengaruhinya, Jurnal Teknologi Informasi: Vol. 13 No. 2 http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/79/74

(diakses pada tanggal 15 September 2016).

Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Di Universitas Airlangga, Jurnal AntroUnairdotNet: Vol. 4 No. 2 http://journal.unair.ac.id/filerPDF/auna97cbdaabbfull.pdf, (diakses pada tanggal 15 September 2016).




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v1i2.1140

Article Metrics

 Abstract Views : 2655 times
 PDF Downloaded : 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nurhayati Nurhayati

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional