PENDETEKSI TAJWID IDGHAM MUTAQARIBAIN PADA CITRA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN GOWER & LEGENDRE

Muthmainnah Muthmainnah, Bistami Bustami, Rahmatillah Dwi Putri

Abstract


Seluruh umat muslim di dunia ini memiliki landasan hukum yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist. Setiap muslim tentu menyadari bahwa Al-Qur'an adalah kitab suci yang merupakan pedoman hidup dan dasar setiap langkah hidup. Al-Qur’anul Karim adalah Kalamullah, Kitab suci yang agung umat Islam dan Al-Qur’an ditulis dalam bahasa Arab. Hampir semua Muslim di seluruh dunia mengetahui bagaimana cara membaca Al-Qur’an, tetapi tidak semuanya dapat membaca Al-Qur’an dengan benar berdasarkan makhraj dan Tajwidnya. Oleh karena itu, sistem pendeteksi Tajwid diperlukan untuk membantu pengguna menemukan hukum-hukum Tajwid di dalam Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, metode Gower & Legendre digunakan untuk menghitung jarak keakuratan pola Tajwid pada citra Al-Qur’an. Hasil pengujian menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar 70% hingga90%.Persentase detection rate tersebut menunjukkan bahwa metode Gower & Legendre dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk pendeteksian pola Tajwid pada citra Al-Qur’an.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rizal, 2014. Pengolahan citra dengan Delphi 7. Yogyakarta: Andi.

Achmad Balza, Firdausy Kartika, 2013. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi. Yogyakarta: Andi.

Ali Fauzi, Shofwan, 2012, Penerapan Citra Digital. Jakarta: IlmuKomputer.Org.

Alsaba Fadil, 2012. Kompresi Citra Menggunakan Metode Discrete Cosine Transform. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Reuleut-Aceh Utara.

Basuki, 2005. Dasar pengolahan citra dengan Delphi. Yogyakarta : Andi.

Dahria Muhammad, Muhammadi Usman, 2013. Pengenalan Pola Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Wavelet. Jurnal Program Studi Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma..

Fadli Utomo, Nurul, 2017, Teori Skema. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Fadlisyah, 2007. Computer Vision Dan Pengolahan Citra. Yogyakarta: Andi.

Gazali Wikaria, dkk, 2012. Penerapan Metode Konvolusi Dalam Pengolahan Citra Digital. Jurnal Matematika Dan Statistik, Vol. 12, No. 2, Juli 2012: 103-113.

Lizik Rina Intan, 2011. Identifikasi Kecantikan Wajah Wanita Secara Statistika. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Reuleut-Aceh Utara.

Muslima Hayatul, 2014. Klasifikasi Penampilan Wajah Pada Rata-Rata Wanita Aceh Melalui Video Menggunakan Metode Template Matching Dan Hamming Distance. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Reuleut-Aceh Utara.

Nargaza Juanda, 2013. Pengenalan Pola Tanda Tangan Menggunakan Transformasi Slant. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Reuleut-Aceh Utara.

Nur Azizah Ulfah, 2013. Perbandingan Detektor Prewitt Dan Detektor Tepi Laplacian Berdasarkan Kompleksitas Waktu Dan Citra Hasil.

Ohliati, Jenny, 2012. Citra Digital dan Pengolahannya. Yogyakarta : Andi.

Putra, Darma, 2010 Analisis Perbaikan Kualitas Citra Hasil Logarithmic Image Processing (LIP) Terhadap Sebaran Data RGB Dan Noise. Jurnal POLITEKNIK INDRAMAYU.

Ramadhan, Mukhlis, 2015. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Materi Pengolahan Citra Dengan Menggunakan Teknik Konvolusi Berbasis Multimedia. Jurnal Prodi Teknik Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sagita Vina, Irmina Prasetiyowati, 2013. Studi Perbandingan Implementasi Algoritma Boyer-Moore, Turbo Boyer-Moore, Dan Tuned Boyer-Moore Dalam Pencarian String. Jurnal ULTIMATICS, Vol. IV, No. 1, ISSN: 2085-4552.

Seung-Seok Choi, Sung-Hyuk Cha, Charles C, 2010. Tappert A Survey of Binary Similarity and Distance Measures.

Siahaan Melinda, 2009. Implementasi Segmentasi Citra Menggunakan Metode Graph Yang Efisien. Jurnal Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.907

Article Metrics

 Abstract Views : 410 times
 PDF Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).