APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) BERBASIS WEB

Dahlan Abdullah, Erlina Erlina, Cut Ita Erliana, Defi Irwansyah, Muhammad Zarlis, Elviwani Elviwani

Abstract


Banyak kecelakaan yang terjadi saat ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai rambu-rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas merupakan salah satu perlengkapan jalan yaitu lambang, huruf, angka kalimat atau perpaduan antaranya. Rambu sangat penting bagi pemakai jalan sebagai alat untuk pentunjuk dan peringatan pada pengguna di jalan. Untuk itu perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan pembelajaran berbentuk game tentang pembelajaran rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan Penelitian ini mengembangkan game pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Dan menerapkan metode Finite State Machine untuk proses alur kontrol permainan yang terdiri dari 4 level, dimana player akan melengkapi jawaban dari setiap level agar dapat melanjutkan ke level berikutnya. Hasil dari game ini dapat memberikan pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas yang lebih menarik untuk dipelajari dan menyadari pentingnya menaati rambu-rambu lalu lintas. 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Dahlan., dkk. 2015, Game Edukasi Berbasis Role Playing Game dengan Metode Finite State Macine (FSM), Informatika. Universitas Malikus-saleh Lhoksemawe.

A.S., Rosa, Shalahuddin, M., 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Andriyanto, Irwan., 2016, Game Edukasi Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Untuk Anak SD, Skripsi. Universitas Mu-hammadiyah, Surakarta.

Huda, A.S., 2016, Game Edukasi Cepat Tepat Dengan Metode Finite State Ma-chine pada Smartphone, Skripsi. Islam Negri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Muharraran, Maryam., 2014, Aplikasi Pembelajaran Dasar Aksara Sunda Ber-basis Android, Program Studi Sistem In-formasi, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Pratama, Dargawan Aditia., 2014, Ap-likasi Edukasi Bagi Anak Usia Dini Ber-basis Mobile Android, Program Studi Sis-tem Informasi, Universitas Komputer In-donesia, Bandung.

Reza, Baihaqi., 2015, Game Edukasi Ber-basis Role Playing Game Dengan Metode Finite State Machine, Skripsi. Universitas Malikussaleh, Lhoksemawe.

Rostianingsih, Silvia, dkk., 2011, Game Simulasi Finite State Machine untuk Per-tanian dan Perternakan, Informatika, Kristen Petra, Surabaya.

Sidik, Fajri., 2016, Implemantasi Algorit-ma Multiplicative Congruential Random Number Generator Pada Try Out SMA (Sekolah Menengah Atas) Berbasis Web, Skripsi, Universitas Malikussaleh, Lhoksemawe.

Sugiman, V.R, dkk., 2012, Pengem-bangan Aplikasi Rambu-Rambu Lalu Lintas berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping, Sekolah Tinggi Teknologi, Garut vol 11.

Suyanto, Wardan., 2012, Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Bagi Siswa SMK Dalam Rangka Memben-tuk Prilaku Tertip Berlalu Lintas, Yogya-karta.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.841

Article Metrics

 Abstract Views : 648 times
 PDF Downloaded : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).