M-ZOO: APLIKASI ANDROID DENGAN KONSEP LAYANAN BERBASIS LOKASI UNTUK INFORMASI PENGENALAN SATWA DI KEBUN BINATANG

Herman Yuliansyah, Isda Desy Novitasari

Abstract


Kebun binatang merupakan tempat memelihara berbagai binatang untuk perlindungan, pembiakan penelitian dan sebagai tempat rekreasi. Papan informasi hewan yang digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada hewan pengunjung. Karena luasnya papan informasi, pengunjung mengalami kesulitan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan hewan-hewan ini. Melalui penggunaan teknologi mobile diharapkan dapat memberikan fasilitas bagi pengunjung untuk mengakses informasi tentang hewan. Metodologi penelitian ini adalah untuk melakukan observasi di kebun binatang untuk mendapatkan analisis kebutuhan sistem, desain perangkat lunak dan implementasi ke dalam kode program. Pengukuran fisik dilakukan untuk memperoleh titik koordinat masing-masing kandang, maka titik koordinat disimpan dalam database lokal. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah proses pengujian perangkat lunak secara langsung di kebun binatang. Hasil dari penelitian ini adalah lokasi berbasis software (m-zoo) untuk memperkenalkan hewan di kebun binatang dan berdasarkan hasil pengujian, perangkat lunak ini dapat memberikan informasi sesuai dengan spesies hewan dikunjungi oleh pengunjung. Jadi pengunjung selain dapat melihat binatang, pengunjung akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan hewan-hewan ini hanya dengan perangkat lunak yang berjalan di sekitar hewan kandang.

Full Text:

PDF

References


Chamin, A.N.N. 2010. “Penggunaan Microcontroller Sebagai Pendeteksi Posisi Dengan Menggunakan Sinyal GSM.”Jurnal Informatika, Volume 4: No. 1.

International Data Corporation (IDC). 2014. “Android Extends OS Market Share as Indonesians Go ‘Smart’, According to IDC.” Online. http://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prID23818612. Diakses pada tanggal 28 Januari 2014.

Michel, Ulrich, et al. 2007. “WebMoZis-Web-based and Mobile Zoo Information System: A Case Study for the City of Osnabrueck.” Proceedings of the XXIth International Congress of ISPRS, Beijing, China, IAPRS. Vol 35.

Priyanto, Yoga Tri. 2013. “Pengguna Smartphone Android Di Indonesia Naik 189 Persen.” Online. http://www.merdeka.com/teknologi/pengguna-smartphone-android-di-indonesia-naik-189-persen.html. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2014.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan. 4th ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sommerville, Ian. 2003. Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak. 6th ed. Jakarta: Erlangga.

Spiekermann, Sarah. 2004. General Aspects of Location-Based Services. San Francisco: Morgan Kaufmann.

Stahl, Christoph. 2007. “The Roaring Navigator: A Group Guide for the Zoo with Shared Aditory Landmark Display.” Online. http://www.dfki.de/lt/publication_show.php?id=5375. Diakses pada tanggal 26 September 2014.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v7i2.200

Article Metrics

 Abstract Views : 633 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).