ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUANG UNIVERSITAS ABC MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ACCEPTANCE MODEL SEBAGAI DASAR PERBAIKAN PADA SISTEM

Fadlillah Mukti Ayudewi, Handayaningsih Handayaningsih

Abstract


Sistem Informasi Managemen Ruang merupakan perkembangan teknologi informasi menagemen yang diterapkan di Universitas ABC yang digunakan untuk memanagemen ruang perkuliahan serta penyusunan jadwal dosen yang dibawahi oleh Biro Akademik dan Admisi Universitas ABC. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Managemen Ruang, menganalisis pengaruh kemudahan perceived ease of use) dan manfaat (perceived usefulness) terhadap sikap pengguna terhadap Sistem Informasi Managemen Ruang (attitude toward using). Dalam penelitian ini digunakan tiga variabel yang dimodifikasi sesuai kebutuhan yaitu kemudahan (perceived ease of use) dan manfaat (perceived usefulness) sebagai variabel bebas sedangkan sikap pengguna (attitude toward using) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Universitas ABC dan penentuan sampel menggunakan metode random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier dan software SPSS 11.05 untuk pengujiannya. Hasil jawaban responden terhadap kuesioner diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Perceived Usefulness (manfaat) pada mahasiswa berpengaruh positif terhadap penerimaan Sistem Informasi Management Ruang dengan tingkat pengaruh sebesar 86% dan Variabel Perceived Ease Of Use (Kemudahan) pada dosen berpengaruh positif terhadap penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Management Ruang dengan tingkat pengaruh sebesar 83%. Hal ini membuktikan bahwa kemudahan dan manfaat yang dihasilkan oleh suatu sistem informasi merupakan faktor yang mempengaruhi pengguna untuk tetap terus menggunakan sistem tersebut.

Full Text:

PDF

References


. Lihawa, Sri Mariati. (2012). Penerapan Technology Acceptance Model (Tam) Untuk Menganalisis Sikap Pengguna Terhadap Teknologi Sistem Informasi Akademik. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

. Kartika, Shinta Eka. (2009). Analisis Proses Penerimaan Sistem Informasi Icons Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Karyawan Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Di Kota Semarang. Semarang : Univeritas Diponegoro.

. Surachman, Arif (2008). Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan (Sipus) Terpadu Versi 3 Di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM). Yogyakarta : Univeritas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

. 2013. Technology Acceptance Model. http://www.pusattesis.com/ technology-acceptance-model-tam/. Diakses pada 12 Oktober 2014 jam 19.00 WIB.

. Azwar. (1998). Reliabilitas dan Validitas Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta : Liberty.

. Susanty, Aries, Dr., S.T., M.T. (2013). Modul Perkuliahan Praktikum Total Quality Management. Yogyakarta : Universitas Mercubuana.

. Jogiyanto, Prof., HM., Akt., MBA., Ph.D. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v7i2.191

Article Metrics

 Abstract Views : 767 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).