Implementasi Huruf Pejazm Fi’il Mudhari’ Pada Citra Al-Qur’an Menggunakan Metode Czekanowski

Nurdin Nurdin, Ulva Fitriani

Abstract


Al Qur’an adalah Kalamullah, sebagai mu’jizat, yang telah diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul, membacanya sebagai ibadah, mempelajari dan memahami isi kandungan Al-Qur’an juga penting karena Al-Qur’an merupakan sumber asli dalam pembelajaran agama islam menggunkan bahasa Arab. Untuk mempelajari bahasa Al-Qur’an diperlukan  pengetahuan  tentang  pedoman  ilmu  Nahwu.  Pada  umumnya, tidak banyak  orang  yang  mempelajari,  mudah  mengerti  maupun  untuk  menemukan kaidah Nahwu di dalam kitab suci Al-Qur’an. Oleh karena itu, sistem pendeteksi Huruf jazam yang merupakan salah satu kaidah Nahwu sangat berguna untuk membantu pengguna menemukan hukum-hukum kaidah Nahwu di dalam Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, metode Czekanowski digunakan untuk menghitung jarak keakuratan pola Huruf jazam pada citra Al-Qur’an, dan  dibatasi  dengan  surat Al-Baqarah.  Hasil  pengujian  menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar 80%. Persentase detection rate tersebut menunjukkan   bahwa   metode Czekanowski   dapat   digunakan   sebagai   salah   satu pendekatan untuk pendeteksian pola Tajwid pada citra Al-Qur’an. Sistem  ini memiliki beberapa kelemahan yaitu memiliki false positive rate yang tinggi, dapat dilihat pada unjuk kerja dari sistem pendeteksi Huruf jazam ini, proses keakurasiannya dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan lebih lanjut dengan tambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Sistem deteksi Huruf jazam ini tidak bisa menggantikan  pentingnya  guru untuk membimbing dalam bahasa Al-Qur’an dengan kaidah-kaidah nahwu yang benar.

References


Abu dan Ummu Razin, 2014. Ilmu Nahwu Untuk Pemula. Pustaka Bisa, 2014.

Al-Atsary, Abu Hamzah Yusuf. 2007 Pengantar Mudah Belajar Bahasa Arab. Bandung: Pustaka Adhwa

Choi, Seung-Seok, at al. 2010. A Survey Of Binary Similarity And Distance Measures. Jurnal Systemics, Cybernetics And Informatics Vol 8, No 1.

Dahria, Muhammad, Usman Muhammadi, dan Ishak. Pengenalan Pola Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Wavelet. Jurnal SAINTIKOM Vol. 12, No. 2, Mei 2013.

Fadlisyah, Nurdin, Intan Nuriani. Sistem Pengujian Hafalan Alquran studi kasus Surah Al-Anfaal ayat 1-11 melalui suaramenggunkan metode Transformasi Fourier Diskrit dan Transformasi Sinus Diskrit. Jurnal Techsi Volume 10, No. 1, April 2018.

Fitria, Lailatul. Pembelajaran Materi Fi’il Mudhari’ di Kelas VII Mts dengan Lagu Ampar-Ampar Pisang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab III. Malang, 7 Oktober 2017.

Maryana, Fajriana, Nurdin, Fadlisyah, Aryandi. Sistem Perbandingan unjuk kerja Simalarity Socal & Sneath II dan Otsuka untuk pendeteksi Pola Huruf Manshub Fi’il Mudhari’. , Jurnal TECHSI Vol. 10, No. 2, Oktober 2018

Nurdin, Defry Hamdhana, M. Johan Setiawan. Sistem Pendeteksi Pola Lafadz Allah dan Muhammad pada citra Alquran menggunakan Metode Pierce. , Jurnal TECHSI Vol. 9, No. 2, Oktober 2017

Nurdin, Krida Pratama. Klasifikasi Kecantikan Wanita Aceh Pada Citra Menggunakan Metode Adaptive Resonance Theory (ART1)., Jurnal TECHSI Vol. 8, No. 1, April 2016

Romadhon, Galang dan Murinto. Aplikasi Pengenalan Citra Rambu Lalu Lintas Berbentuk Lingkaran Menggunakan Metode Jarak City-Block. Jurnal Sarjana Teknik Informatika e-ISSN: 2338-5197 Volume 2 Nomor 2, Juni 2014.

Shinta Nur Desmia Sari, Abdul Fadlil. Sistem Identifikasi citra Jahe (Zingiber Officinale) menggunakan metode jarak Czekanowski. Jurnal Sarjana Teknik Informatika e-ISSN: 2338-5197 Volume 2 Nomor 2, Juni 2014.

Zahrah, Shofiyyah, Ristu Saptono, dan Esti Suryani. Identifikasi Gejala Penyakit Padi Menggunakan Operasi Morfologi Citra. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2016) - Semarang, 10 Oktober 2016 ISBN: 978-602-1034-40-8.

Wardoyo, Siswo, Wiryadinata Romi, dan Raya Sagita. Sistem Presensi Berbasis Algoritma Eigenface Dengan Metode Principal Component Analysis. Jurnal SETRUM –Volume 3, No. 1, Juni 2014, ISSN: 2301-4652.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v11i1.1282

Article Metrics

 Abstract Views : 1411 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).