STUDI EKSPERIMENTAL PERANCANGAN TURBIN ANGIN MULTI-BLADE SEDERHANA SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Cut Yana Usmaniar, Desi Ayu, Zuryatina Razak

Abstract


Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, sebagaian besar pusat pembangkitan untuk memproduksi energi listrik berasal dari energi fosil seperti batu bara yang sumber energinya sewaktu-waktu bisa habis. Salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik adalah angin. Energi angin merupakan sumber energi yang melimpah dan sangat potensial dimanfaatkan oleh masyarakat yang hingga kini masih sulit dalam pengadaan listrik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan turbin angin sederhana jenis multi-blade sebagai penghasil energi listrik alternatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimental (experimental research) yang dilakukan di desa Reulet kabupaten Aceh Utara. Objek dalam penelitian ini menggunakan turbin angin horizontal tipe multi bladed yang terdiri dari sebuah sudu dan dinamo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa turbin angin sederhana jenis multi blade dapat digunakan sebagai penghasil listrik alternatif di desa Reulet. Tegangan listrik yang dihasilkan melalui rancangan turbin angin sederhana jenis multi-blade adalah 2,8 Volt dengan kecepatan rata-rata angin 5 m/s.


Keywords


Angin, Turbin Angin, Multi-Blade

Full Text:

PDF

References


Androga, F. M. (2015) ‘Uji Eksperimental Model Turbin Angin Darrieus Tipe H 2 Tingkat Dengan Kombinasi 3 Bilah Naca 0018 Dan 2 Bilah Savonius Per Tingkat’, Jurnal Teknik Mesin, 1(1), pp. 126–131.

Firmansyah, I., Mahmudsyah, S. and Yuwono, T. (2008) ‘Studi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Dompyong 50kW Di Desa Dompyong, Bendungan, Trenggalek Untuk Mewujudkan Desa Mandiri Energi (DME)’, Jurusan Teknik Elektro FTI-ITS, p. 1.

Hardiantono, D. and Sumbung, F. H. (2012) ‘Visabilitas Penempatan Pembangkit Listrik Tenaga Angin Di Pantai Payum Merauke’, Mustek Anim Ha, 2 (Desember), p. 32.

Herlambang, Y. D. (2013) ‘Kaji Eksperimental Turbin Angin Multiblade Tipe Sudu Plate Sebagai Penggerak Mula Pompa Air’, Prosiding SNST ke-4, pp. 19–25.

Keawsuntia, Y. (2013) ‘A Study of Electricity Generating from Small Multi-Blade Wind Turbine for a Household’, Applied Mechanics and Materials, 291–294, pp. 435–438. doi: 10.4028/www.scientific.net/AMM.291-294.435.

Napitupulu, F. H. and Mauritz, F. (2013) ‘Uji Eksperimental Dan Analisis Pengaruh Varia Kecepatan Dan Jumlah Sudu Terhadap Daya Da Putaran Turbin Angin Vertikal Axis Savoniu Dengan Menggunakan Sudu Pengarah.’, Jurnal Dinamis, II(12), p. 11.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1462

Article Metrics

 Abstract Views : 585 times
 PDF Downloaded : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Cut Yana Usmaniar, Desi Ayu, Zuryatina Razak

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter