PENGGUNAAN ALAT PERAGA FISIKA BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN KONSTEKTUALUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN CALON GURU

safriana safriana, Nuraini Fatmi, Syarifah Rita Zahara

Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan calon guru\ di program studi pendidikan fisika FKIP universitas Malikussaleh dalam menggunakan alat peraga fisika berbasis lingkungan pada pembelajaran kontekstual.  Selain itu, Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama akademik antara sekolah dan universitas dan pemanfaatan lingkungan sebagai media dalam pembuatan alat peraga. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari (1) metode Ceramah/Penyuluhan, dimaksudkan untuk menyampaikan informasi untuk materi yang bersifat umum dan teoritis, dalam hal ini adalah materi pembuatan alat peraga berbasis lingkungan dengan penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning), (2) metode Dialogis, dimaksudkan untuk Tanya jawab dan diskusi tentang bagaimana pembuatan alat peraga. (3) Metode Pelatihan, dimaksudkan mampu menekan tingkat kebosanan siswa saat mempelajari konsep fisika sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan memberikan gambaran kepada calon guru bahwa proses belajar-mengajar dengan menggunakan alat peraga sangat efektif untuk dilakukan. Kegiatan pelatihan untuk calon-calon guru dalam pembuatan alat peraga banyak memberikan manfaat, karena calon- calon guru bisa merancang dan mempraktekkan langsung di depan siswanya sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif.

 


Keywords


Alat Peraga, Kontekstual, Minat, Keterampilan Calon guru

Full Text:

PDF

References


A. Kmg. Suartini, Md. Sumantri, I. K. S. (2014). Penaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Darwan, & Sri Maria Ulfa, M. (2012). Perbedaan Minat Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Alat Peraga Dengan Yang Tidak Menggunakan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Eduma.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1).

Juwairiyah, J. (2013). Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia. Visipena, 4(1), 1–13. Retrieved from http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/visipena/article/view/49. diakses pada tanggal 3 April 2018.

Resmiyati, E. (2016). Penggunaan Aalat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 9 Metro.

Ricky Darmawa. (2015). Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jakarta:

Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo (Vol. 8). https://doi.org/10.5194/hess-11-1609-2007. diakses pada tanggal 3 April 2018.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1460

Article Metrics

 Abstract Views : 596 times
 PDF Downloaded : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 safriana safriana, Nuraini Fatmi, Syarifah Rita Zahara

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter