PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PENDIDIKAN “SI ASSEB” DI SMA NEGERI 1 MATANGKULI ACEH UTARA

Qusthalani Qusthalani

Abstract


Evaluasi pendidikan itu wajib dilaksanakan oleh  guru  sebagai  penanggung  jawab  dalam  proses  pembelajaran  siswa. evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan jalan memberikan tes yang diadakan  setiap selesai satu bab pembelajaran atau biasa disebut dengan ulangan harian, ujian tengah  semester atau ujian akhir semester. Beberapa peneliti telah membuat software untuk mempermudah guru dalam menganalisis hasil jawaban siswa, Namun, software yang dibuat tersebut hanya menyajikan hasil belajar siswa dalam bentuk benar dan salah saja. Soal-soal yang telah dibuat tersebut tidak dapat melihat sejauhmana siswa tersebut tersebut sudah memahami suatu materi dari soal yang diuji, sehingga software yang akan penulis buat soal pilihan ganda dua tingkat. Soal tersebut tidak hanya melihat benar dan salah dari jawaban siswa, tetapi dapat juga menganalisis tingkat pemahaman siswa dari suatu konsep dalam soal yang diuji tersebut. Sistem  asesmen  ini  akan  berbasis  web  sehingga  nama  sistem  yang dikembangkan adalah Si Asseb (Aplikasi Assesment Berbasis WEB).


Keywords


Evaluasi, tes, WEB, Si Asseb

Full Text:

PDF

References


Balitbang Kemdikbud. 2006. Standar Operasional Proses Kurikulum KTSP. Jakarta: Kemdikbud.

Hakim, A, Liliasari, Kadorohman, A. 2012. Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences. 4(3): 544-553.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses. Jakarta: Kencana.

Suharsono. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparman. 2007. Pendidikan IPA Sekolah Menengah. Jakarta: Studi Magister Pendidikan Matematika dan IPA UPI.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1459

Article Metrics

 Abstract Views : 277 times
 PDF Downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Qusthalani Qusthalani

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter