EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI BILANGAN KUANTUM

Henni Fitriani, Ayu Rahmi

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  pada materi bilangan kuantum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  terhadap hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia semester 4 yang mengikuti perkuliahan kimia dasar II . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal pilihan ganda mengenai materi bilangan kuantum dan lembar respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif persentase. Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi bilangan kuantum, dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 90,5 %. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing juga menunjukkan respon yang positif yaitu 97,6 % mahasiswa tertarik pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe Snowball Throwing tersebut.

 


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Bilangan Kuantum

Full Text:

PDF

References


Elferasari.A. 2017. Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas XII-A SMP Kartika XII-1. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5 (2)

Kasan,T. 2005. Dasar – Dasar Pendidikan. Jakarta : Study Press

Putri, N.P. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Menyimak (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri di Boyolali).

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Yuliati. 2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang. Vol. 3




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1458

Article Metrics

 Abstract Views : 547 times
 PDF Downloaded : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Henni Fitriani, Ayu Rahmi

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter