Author Guideline

PETUNJUK PENULIS

 

Tulisan harus diserahkan menurut batasan-batasan berikut:

  1. Naskah harus diserahkan secara online melalui situs web jurnal. Penulis harus log in untuk menyerahkan naskah. Pendaftaran online tidak dipungut biaya.
  2. Panjang naskah antara 6 sampai 10 halaman A4 (210 x 297 mm) dengan format naskah sesuai template yang disediakan, termasuk di dalamnya gambar, tabel, tidak mengandung apendiks. Naskah ditulis menggunakan Microsoft Word (.doc/.docx) dengan batas atas 19 mm, kiri dan kanan 14,32 mm, serta 43 mm untuk batas bawah.
  3. Judul dan Kata Kunci dituliskan dalam Bahasa Indonesia, sedangkan Intisari dan Abstract, harus dituliskan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.
    1. Jumlah kata judul maksimal 12 kata dengan ketentuan:tipe huruf Times New Roman (TNR) dengan ukuran huruf 20, spasi tunggal, rata tengah, cetak tebal (Bold). Apabila judul terlalu panjang, editor berhak mengedit judul tanpa mengubah makna judul, tanpa persetujuan penulis naskah, ketika naskah akan naik cetak.
    2. b.       Penulisan judul artikel disarankan menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Apabila terdapat kata-kata dalam Bahasa Inggris, ditulis dengan format miring (Italic).
    3. Artikel dimulai dengan Abstract dan Intisari. Abstract dan Intisari tidak boleh mengandung gambar maupun tabel, rata kanan-kiri, huruf TNR 9, cetak tebal,dan spasi tunggal. Abstract ditulis dalam Bahasa Inggris dan Intisari ditulis dalam Bahasa Indonesia. Abstract dan Intisari ditulis di awal paragraf, cetak tebal, huruf TNR 9 dan spasi tunggal. Abstract dan Intisari tidak boleh lebih dari 250 kata. Abstract dan Intisari harus menggambarkan esensi isi artikel keseluruhan.
    4. Kata Kunci mengandung empat hingga delapan kata, dipisahkan dengan koma, rata kanan-kiri, huruf TNR 9, dan spasi tunggal. Kata kunci dipilih secara cermat, sehingga mampu mencerminkan konsep yang dikandung artikel dan membantu peningkatan keteraksesan artikel yang bersangkutan.