PERAN IRIGASI DALAM PENINGKATAN PRODUKSI PADI SAWAH DI KECAMATAN MEURAH MULIA KABUPATEN ACEH UTARA

Murdiana Murdiana, Fadli Fadli

Abstract


Irigasi merupakan salah satu faktor penting dalam produksi padi sawah. Irigasi sebagai sumber bagi ketersediaan air untuk pertumbuhan tanaman padi. Persedian air yang mencukupi tentu sangat berpengaruh dalam peningkatan produksi padi sawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran irigasi dalam meningkatkan produksi padi sawah di Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara berdasarkan respon dari petani. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran irigasi dalam meningkatkan produksi padi sawah di Kecamatan Meurah Mulia  Kabupaten Aceh Utara sangat besar. Peran irigasi dalam meningkatkan produksi padi sawah yaitu memudahkan dalam pengolahan tanah, sebagai penyedia air bagi tanaman, memudahkan  penggunaan pupuk dan obat-obatan, serta menekan perkembangan hama penyakit dan  gulma.


Keywords


Respon, irigasi, produksi, padi sawah.

Full Text:

PDF

References


Dewi, Y,A dan Hendayana, R. 2003. Kajian Efisiensi dan Efektivitas Operasional Jaringan Irigasi Mendukung Produktivitas Usahatani Padi Sawah. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Bogor.

Dinas Pengairan dan Energi Sumber Daya Mineral. 2014. Kabupaten Aceh Utara.

Fazir, 2013. Respon Petani Padi Sawah Terhadap Keberadaan Tanggul Irigasi Krueng Sawang di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Aceh Utara

Hasan, M, 2005. Bangun Irigasi Dukung Ketahanan Pangan. Majalah Air. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Ilham, Nyak. 2008. Profil Teknologi Pada Usahatani Padi Dan Implikasinya Terhadap Peran Pemerintah. Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

Mantra, I, Bagoes. 2004. Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosial. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Pasandaran, E. 1991. Irigasi di Indonesia, Strategi dan Pengembangan. LP3ES. Jakarta.

Rajagukguk, F, H. 2011. Analisis Dampak Pembangunan Jaringan Irigasi Terhadap Kondisi Lingkungan, Sosial, dan Ekonomi Pada Masyarakat Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Satori, D dan Komariah, Aan. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. AlfaBeta. Bandung.

Siswanti, R. 2005. Analisis Nilai Ekonomi Air Irigasi. Skripsi. Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Sudjarwadi. 1999. Konsep Dasar Pengelolaan Sumber Air di Satuan Wilayah Dengan Pendekatan Sistem. Kursus Singkat Sistem Sumber Daya Air Dalam Otonomi Daerah. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit AlfaBeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v1i2.760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.