ANALISIS POTENSI WILAYAH DALAM PENGEMBANGAN PETERNAKAN SAPI POTONG DI KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG

Nova Anggraini, Riza Andesca Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui potensi sumber daya manusia peternakan sapi potong di Kecamatan Sijunjung. (2) Mengetahui ketersediaan fasilitas pendukung untuk pengembangan peternakansapi potong di Kecamatan Sijunjung. (3) Mengetahui potensi lahan dan pakan di Kecamatan Sijunjung terhadap pengembangan peternakan sapi potong. (4) Mengetahui kemampuan wilayah Kecamatan Sijunjung dalam pengembangan peternakan sapi potong. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Sijunjung yaitu berlangsung pada bulan Januari - Juli 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan survey.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Kecamatan Sijunjung memiliki karakter sumber daya manusia peternak yang tergolong cukup baik dalam upaya pengembangan sapi potong. Hal tersebut berdasarkan pada bahwa umumnya berusia produktif (82,05%), rata-rata berpendidikan SMP (51,28%), sapi yang dipelihara merupakan milik sendiri (69,23%), berjenis kelamin perempuan (53,85%), dengan rata-rata jumlah ternak yang dimiliki 1-5 ekor (79,49%), dan memiliki pengalaman beternak <5 tahun (66,67%). Walaupun fasilitas pendukung peternakan seperti Puskeswan dan RPH/TPH pada umumnya belum sesuai ketentuan kecuali PosULIB. Kecamatan Sijunjung tidak memiliki pasar ternak, pada umumnya kelompok tani ternak adalah kelompok lanjut (55,32%), tidak ada asosiasi peternak, dan terdapat 1 Bank Pemerintah, 1 Bank Pembangun daerah, 2 Bank Swasta, 2 Bank Perkeriditan Rakyat dan 50unit koperasi yang tersebar di seluruh Kecamatan Sijunjung. Namun Nilai Indeks Daya Dukung (IDD) pakan di Kecamatan Sijunjung adalah 8,23, artinya IDD > 2 berada di wilayah aman dalam pengembangan peternakan sapi potong. Wilayah mampu dalam menampung ternak ruminansia adalah 24.816,248 ST. Saat ini populasi ternak sebanyak 6.030,68 ST, sehingga bisa dilakukan penambahan ternak sebanyak 18.785,568 ST. Untuk populasi sapi potong dapat dilakukan penambahan sebanyak 3.615,54 ST.

Keywords


Potensi, Pengembangan, Sapi Potong

Full Text:

PDF

References


AAK. 1991. Petunjuk Beternak Sapi Potong dan Kerja. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Abidin, Z. 2002. Penggemukan Sapi Potong; Kiat Mengatasi Permasalahan Praktis.Agromedia Pustaka: Jakarta.

Adiwilaga, A. 1982. Ilmu Usaha Tani. Penerbit Alumni, Bandung.

Atmiyati. 2006. Daya Dukung Hijauan Pakan terhadap Pengembangan Ternak di Kabupaten Sambas. Temu Teknis Nasional Tenaga fungsional Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sijunjung. 2015. Sijunjung Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sijunjung.

Bessant, Wijayanti BT. 2005. Analisa Usaha Peternakan Sapi Potong Dalam Kaitannya Dengan Kesejahteraan Peternak di Kabupaten dan Kota Bogor. Program Persetujuan Manajemen dan Bisnis. Skripsi. IPB, Bogor.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara: Jakarta.

Dinas Peternakan Propinsi Sumatera Barat. 2005. Standar Rumah Potong Hewan. Dinas Peternakan Propinsi Sumatera Barat. Padang.

Dinas Peternakan Kabupaten Sijunjung. 2014. Populasi Ternak Sapi Potong. Dinas Peternakan Kabupaten Sijunjung. Muaro Sijunjung.

Fauziyah, O.T. H. 2007. Prospek pengembangan usaha peternakan sapi potong di Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Gustiningsih. 2008. Analisis Potensi Pengembangan Usaha Sapi Potong di Kota Sawahlunto. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang.

Hasibuan, Malayu S. P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.

Mastuti, S dan Hidayat, N. N. 2008. Peranan Tenaga Kerja Perempuan Dalam Usaha Ternak Sapi Perah. Jurnal of animal production: Purwokerto.

Mosher, A. T. 1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian, Syarat-syarat Pokok dan Modernisasi. CV. Yasaguna: Jakarta.

Paturocman. 2005. Hubungan Antara Tingkat Pendapatan Keluarga peternak dengan Tingkat konsumsi (kasus di Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan). Dalam situs www.resources.unpad.ac.id. Diakses 02 – 04 - 2016; 13.15

Jurnal AGRIFO • Vol. 2 • No. 2 • November 2017

Putra. 2009. Analisis Potensi Wilayah Untuk Pengembangan Usaha Sapi Potong Di Kecamatan Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang.

Singarimbun, M. dan E. Sofian. 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.

Soekartawi. 1991. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sugeng, Y. B. 1999. Sapi Potong. Cetakan ke-7. PT. Penebar Swadaya Jakarta Sugiyono. 2010. Metode penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Utomo, R. 1999. Teknologi Pakan Hijauan. Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v2i2.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.