KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN TANAH DATAR

Vivi Hendrita

Abstract


Penelitian Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tanah Datar ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar serta menganalisis kebijakan dan upaya yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam pengembangan pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dianalisa secara interpretative menggunakan teori-teori ataupun literatur-literatur yang sesuai kemudian secara induktif ditarik kesimpulan untuk menjawab permasalahan yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi lapangan dan studi literatur. Dari hasil penelitian didapat bahwa kondisi pengembangan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar belum dilakukan secara optimal. Upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam mengembangan pariwisata terlihat dari berbagai kebijakan yang dibuat yang tercantum dalam renstra, dan RPJMD, serta didukung beberapa peraturan daerah dan peraturan Bupati Tanah Datar, namun dalam kebijakan ini masih terfokus pada pelaksanaan event dan promosi budaya dan belum menyentuh pengembangan terhadap objek wisata secara khusus sehingga dalam pelaksanaannya masih belum memperlihatkan perkembangan yang signifikan terhadap pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tanah Datar.

Keywords


Kebijakan, Pariwisata, dan Kabupaten Tanah Datar

Full Text:

PDF

References


Biederman, Paul S., Jun Lai, Jukka M. Laitamaki, Hannah R. Messerli, Peter D.Nyheim, dan Stanley C. Plog, (2007): Travel and Tourism: An Industry Primer, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, NJ.

Cristanto, Joko. 2002. Otonomi Daerah Dan Skenario Indonesia 2010 Dalam Konteks Pembangunan Daerah Dengan Pendekatan Kewilayahan. Makalah Falsafah Sains Pasca Sarjana IPB. Bogor.

Edgell Sr, David L., Allen, Maria D., Smith, G., Jason, R. Swanson, (2008): Tourism Policy and Planning: Yesterday, Today, and Tomorrow, Elsevier, Burlington.

Hadinoto.1997. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. PT.Gramedia. Jakarta.

Hartanto. 1997. Menjelang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan: Perspektif Perencanaan Kebijakan. ITB. Bandung.

Inskeep, Edward. 1991. Tourism Planing: Integrated and Sustainable Development

Jurnal AGRIFO • Vol. 2 • No. 2 • November 2017

Approch. Van Nostrand Reinhald. New York.

Ismayanti. 2010. Pengantar pariwisata. PT Grasindo. Jakarta.

Karyono, Hari. 1997. Kepariwisataan.PT. Gramedia Widi Sauna Indonesia. Jakarta.

Kodhyat, H. (1980). Sejarah Pariwisata Dan Perkembangannya di Indonesia. Gramedia Rasindo.

Kusmaryadi, Endar Sugiarto. 2000. MetodologiPenelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Marpaung, Happy. 2002. Pengantar Pariwisata. Alfabeta. Bandung.

Nazir, Moh. 1998. Metode Penelitian. Galia Indonesia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v2i2.379

Article Metrics

 Abstract Views : 1898 times
 PDF Downloaded : 827 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Vivi Hendrita

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh