ANALISIS BAURAN PEMASARAN TEH HERBAL ASAM GELUGUR (GARCIE TEA) PADA KOMUNITAS LOKAL BIOVERSITY DI KABUPATEN SIJUNJUNG

Rani Rahmi Yanti, Noni Novarista

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bauran pemasaran teh herbal asam gelugur pada Komunitas Lokal Bioversity (2) kendala apa saja yang dihadapi oleh Komunitas Lokal Bioversity dalam memasarkan teh herbal asam gelugur. Penelitian ini dilakukan di Nagari Latang Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung pada Komunitas Lokal Bioversity yang telah dilakukan pada bulan Mei–Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari responden berupa hasil pengamatan langsung perolehan dokumen dan wawancara langsung. Data sekunder merupakan data tidak langsung yang diperoleh dari dokumen-dokumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) bauran produk yang ada di Komunitas Lokal Bioversity meliputi kualitas, desain, merek dan ukuran 2) bauran harga meliputi penetapan harga, potongan harga dan sistem pembayaran 3) bauran distribusi meliputi saluran pemasaran dan lokasi 4) bauran promosi meliputi pameran dagang, dan iklan. Kendala yang dihadapi dilihat pada segi internal dan eksternal, pada segi internal dilihat dari segi produk, harga, distribusi, dan promosi. Sedangkan untuk segi eksternal dilihat dari keberadaan pesaing.

Keywords


Bauran Pemasaran, Teh Herbal, Asam Gelugur

Full Text:

PDF

References


Kotler, Phillip. 2002. Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Jilid I Edisi Millenium. Jakarta : PT Indeks.

. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

dan Gery Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran , Edisi 12, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

dan Kevin Lane Keller. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Stanto, William. 1991. Prinsip-prinsip Pemasran. Erlangga: Jakarta.

Swasta, Basu dan Ibnu Sukotjo. 1995. Pengantar Bisnis Modren, Edisi 3. Yogyakarta : liberty.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v2i2.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.